twitter  
Profil  

Kamis, 28 November 2019 | 12:13 wib
Gerakan 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan
 

Sejak 25 November hingga 10 Desember 2019 ini, sebuah kampanye internasional untuk mendorong upaya-upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan di seluruh dunia diadakan. Gerakan ini diberi nama 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (16 Days of Activism Against Gender Violence) atau disingkat dengan nama #16HAKTP.

Selain dilakukan untuk mengurangi angka kekerasan pada perempuan, kampanye ini juga dilakukan sebagai upaya agar semua lapisan masyarakat dunia lebih menghormati HAM, mencegah terjadinya kekerasan dan tindak semena-mena terhadap perempuan juga menghapus serta tidak mengulangi lagi tindakan kekerasan.

Tidak perlu muluk-muluk dalam mendukung kampanye ini, kita bisa melakukan banyak hal untuk berpartisipasi dimulai dari diri sendiri, seperti halnya yang disarankan Robik Anwardani seorang aktivis perempuan dan psikolog di Morning She 26 November 2019.

1. Sebagai seorang pribadi dan seorang perempuan, kita bisa bersikap lebih asertif apabila terjadi sesuatu pada kita (pelecehan, kekerasan, tindakan semena-mena terkait hak asasi)
2. Berusaha memberi rasa empati-simpati terhadap orang atau perempuan lain supaya jiwa solidaritas kita terus dan menjadi lebih baik
3. Sharing sesama perempuan untuk mendukung kampanye ini
4. Mengadakan gathering apabila mempunyai komunitas perempuan untuk bisa berbagi ilmu yang dimiliki
5. Menjadi pendengar yang baik, kalau ada teman yang berkeluh kesah tentang hal terkait 
6. Mempelajari undang-undang perlindungan terhadap perempuan . Ini menjadi bekal ke depannya apabila menghadapi masalah-masalah terkait akan perempuan 

Pada tahun ini, tema untuk 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan atau 16 Days of Activism Against Gender Violence masih selaras dengan tema di tahun-tahun sebelumnya yakni kampanye untuk memerangi kekerasan dan diskriminasi. Bertema “Orange the World: Generation Equality Stands against Rape" generasi masa kini diajak untuk lebih peduli terhadap sesama. 

Dari laman unwomen.org, masyarakat dunia diharapkan agar lebih menghargai sesama, memerangi tindak kekerasan terutama kekerasan seksual dan memberanikan diri untuk melaporkan tindak kekerasan terutama tindakan pemerkosaan.

Ajak orang-orang terdekat kita untuk berlaku lebih baik, lemah lembut dan menghindari segala bentuk kekerasan. Suarakan kepedulian teman She lewat tagar #OrangetheWorld dan #GenerationEquality.



Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.