twitter  
Profil  

Selasa, 08 Januari 2019 | 10:02 wib
Nostalgia Film Keluarga Cemara Bawa Nilai Relevan Untuk Keluarga Masa Kini
'Harta yang paling berharga adalah keluarga' itulah penggalan lirik lagu yang sampai saat ini masih familiar dari serial legendaris televisi tahun 90'an Keluarga Cemara. Di awal tahun 2019 ini 'Keluarga Cemara' kembali diangkat lewat film layar lebar oleh Visinema Pictures dan disutradarai Yandy Laurens.

"Film ini tetap mengambil nilai Keluarga Cemara jadi memang sifatnya reboot bukan sekuel gitu. Jadi  memang serba baru, pemainnya dengan wajah-wajah baru. Rumahnya juga baru tapi tetap di desa yang  kanan kirinya ada pohon cemara jadi ikonnya dapet. Kenapa begitu ? Karena kita dengan sengaja mau  bercerita bahwa ini loh kisah Keluarga Cemara terjadi lagi di jaman sekarang. Keluarga ini bertahan  dengan nilai yang sama tapi dengan cara yang berbeda. Karena jamannya udah beda," kata Yandy  Laurens, Sutradara Film Keluarga Cemara saat Ngobrol di She Radio, Sabtu (5/01).

Film Keluarga Cemara dibintangi oleh Ringgo Agus Rahman (Abah), Nirina Zubir (Emak), Zara JKT48 (Euis), dan Widuri Puteri Sasono (Ara). Ringgo menyampaikan jika Abah ini adalah sosok yang bijaknya luar biasa dan gambaran kepala keluarga yang harus dimiliki keluarga di Indonesia."Ada yang beda dalam tampilan fim ini, yakni bagaimana semua anggota keluarga memiliki peranan yang sama pentingnya dengan Abah. Abah tidak bisa menjadi Abah itu tanpa adanya Emak yang selalu  ngedampingin dia dan tanpa adanya anak-anak yang mempunyai peranan masing-masing dalam keluarga itu,"kata Ringgo yang juga hadir dalam obrolan di She Radio, Sabtu (5/01).

Perbedaan antara serialnya dulu dan filmnya di jaman sekarang juga ada pada letak cerita. Jika dalam  serialnya dulu bercerita tentang keluarga cemara yang sudah menjadi keluarga cemara, sementara di film layar lebar menceritakan prosesnya, mulai dari proses pembelajarannya, adaptasinya, semua ada di film ini. 

Zara JKT48 memerankan sosok Euis gadis 14 tahun yang labil tapi sangat menyayangi keluarganya dan berusaha mengerti keadaan keluarganya. "Biasanya anak muda masih punya sifat yang egois untuk lebih dekat dengan keluarganya. Setelah memerankan Euis, aku jadi enggak ragu untuk bilang maaf dan terima kasih sama orang tua." ucap Zara JKT48.

Hingga hari ketiga pemutaran film, Sabtu (5/01), Keluarga Cemara mendapat respon baik dari masyarakat dengan total 331.820 orang yang sudah menonton. Banyak yang mengungkapkan jika film ini sukses membawa mereka bernostalgia dan anak-anak masa kini akan mendapatkan nilai dari pesan moral yang disampaikan dalam film Keluarga Cemara. (Naskah : Yosan Ardian, Foto dan Editor : Deedee Dinata)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.