twitter  
Profil  

Selasa, 09 Juli 2019 | 15:44 wib
Kesenjangan Gender, Salah Satu Penyebab Kematian Ibu Hamil


Kematian ibu hamil hingga kini masih menjadi satu PR besar untuk semua kalangan. Diantara banyaknya faktor yang menyebabkannya, kesenjangan gender juga termasuk. Kesenjangan gender menyebabkan seorang perempuan termajinalisasi oleh laki-laki, baik pasangan atau keluarga, sehingga minim mendapatkan kesempatan untuk tahu akan lebih banyak hal semisal kesehatan ketika hamil. Perempuan hanya diberi tugas domestik "macak - manak - masak", sementara pria diutamakan untuk bekerja dan tahu dunia luar. Hal ini menyebabkan gap yang semakin luas antara pria dan wanita, sekalipun di jaman  semodern sekarang.

Menurut Prof dr M Dikman Angsar SpOG(K) dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan POGI (Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia) 2019, 8 Juli 2019 di ShangriLa, wanita seolah-olah terhambat kesempatannya. Untuk pergi ke klinik harus ijin suami, konsultasi tentang kontrasepsi harus ijin suami bahkan tidak jarang suami tidak mau tahu atau tidak peduli. Hal seperti ini tidak hanya terjadi di daerah, namun di kota besar pun masih terjadi. Bahkan hal bersifat kesenjangan gender berkembang berupa kekerasan baik verbal dan non verbal. Domestic violence masih dialami perempuan mulai dari para suami yang pekerjaannya biasa - biasa hingga yang berprofesi terpandang. Apapun jamannya, apabila konsep in equality in gender masih ada, maka angka kematian ibu akan terus menjadi masalah yang berkelanjutan.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.