twitter  
Profil  

Kamis, 11 Juli 2019 | 17:47 wib
Pentingnya Mengetahui Kebijakan Hukum di Indonesia
 

Menurut DR Hj Hesti Armiwulan SH M.Hum, dosen Fakultas Hukum UBAYA dan pakar hak asasi manusia, siapapun warga negara Indonesia terlebih perempuan haruslah paham akan kebijakan hukum di Indonesia. Yang perlu ditekankan, Indonesia adalah negara hukum sehingga siapapun yang melakukan pelanggaran yang didalamnya memenuhi unsur-unsur hukum, maka akan ditindak. Hukum tidak mengenal tentang kaitan dengan moral, sekalipun seseorang “bersih” namun kalau apa yang dilakukan sudah bersinggungan dengan hukum dan menghadapi pihak yang berniat jahat, maka tetaplah unsur hukum harus ditegakkan.

Berkaca dari kasus yang dialami Baiq Nuril, Hesti mengatakan hal itu merupakan pembelajaran bagi perempuan dimanapun dia berada supaya berhati-hati dalam menyampaikan informasi. Sekalipun kita berniat baik untuk mengungkap suatu kasus namun ketika kita salah melangkah, kelemahan itu akan digunakan orang yang berniat jahat untuk menjerat kita, bahkan dengan kebijakan hukum.

Indonesia sendiri memiliki berbagai lembaga perlindungan bagi warganya, termasuk juga untuk perlindungan pada perempuan, salah satunya adalah Komnas Perempuan. Yang dilakukan artis Fairus A.Rafiq baru-baru ini, terkait kasus pelecehan seksual yang dialaminya, menurut Hesti sudah tepat sikap Fairus dengan melapor ke Komnas Perempuan dan itupun bisa dilakukan perempuan lain bila mengalami pelecehan dan kekerasan dalam rumah tangga. Namun menyampaikan apa yang dialami terkait pelecehan dan kekerasan, juga bisa disampaikan melalui perantara lain seperti halnya media apapun jenisnya.

Satu pesan dari Hesti untuk kita semua dalam wawancara telepon dalam Morning She 10 Juli 2019 terkait kebijakan hukum di Indonesia, janganlah kita menjadi pahlawan kesiangan, dengan niat membantu namun caranya yang salah (memviralkan di media sosial), karena hal itu bisa menjadi boomerang bagi diri sendiri. Lebih baik kita melaporkannya pada pihak berwenang yang aman dipercaya.

(Gambar : Google)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.