twitter  
Profil  

Selasa, 24 September 2019 | 11:05 wib
Trik Membuat Buku Cerita untuk Anak
 

Dalam sebuah acara yang digelar oleh Clavis, penerbit buku internasional, Ratna Kusuma Halim, Pengarang dan Ilustrator Buku Bunga Penyihir Cilik memberikan materi tentang bagaimana cara membuat buku cerita bergambar yang menarik untuk anak-anak. Menurutnya penempatan gambar yang pas adalah salah satu trik membuat anak-anak tertarik dan mudah memahami sebuah buku cerita. Gambar bercerita  berbeda dengan komik atau manga. Ratna menjelaskan komik atau manga gambarnya kurang dinikmati karena lebih banyak teks, sedangkan buku gambar bercerita gambar bisa dinikmati  anak-anak karena ilustrasi dan teks sama-sama menceritakan.

Ratna sendiri bercerita bahwa dari kecil dirinya suka bercerita dan menggambar. “ Jadi ketika saya bercerita, dikepala saya sudah ada ilustrasinya”, kata Ratna. Dia sendiri sudah memiliki 3 buku. Karir menjadi ilustrator diawali ketika Ratna menjadi ilustrator dari penulis di Amerika. Sedangkan tips menjadi illustrator bagi pemula menurut Ratna, harus sering berlatih dan mengikuti plafrom khusus ilustrator. “Kita bisa jadi sukarelawan ilustrator di platfrom itu untuk mengasah kemampuan”, kata Ratna.

Selain Ratna, acara yang digelar Clavis ini juga menghadirkan narasumber lain yaitu Philippe Werck (Founder Clavis Books Belgium) dan Winda Susilo (Publisher Clavis Indonesia) yang bersama-sama membuat buku anak dengan standard internasional.

(Nungki/ Editor : Deedee)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.