twitter  
Profil  

Kamis, 24 Oktober 2019 | 15:28 wib
Menteri - Menteri Perempuan Kabinet Indonesia Maju
 

Minggu 20 Oktober 2019 Presiden Joko Widodo telah mengumumkan nama 34 menteri dan 4 pejabat setingkat menteri dalam Kabinet Indonesia Maju di Istana Kepresidenan. Diantara sekian banyak nama, ada 5 menteri perempuan yang masuk dalam Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Mereka adalah : 

1.I Gusti Ayu Bintang Darmawati 

 

Dia ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menteri Perlindungan Pemberdayaan Perempuan dan Anak atau Menteri PPPA. Dia sendiri aktif memimpin organisasi wanita Hindu Dharma, hingga perkumpulan ibu-ibu menteri Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK). Sedangkan di dunia birokrasi, Bintang pernah menjabat Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Denpasar. 

Karier : Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementrian dan Koperasi UKM (2014), Pejabat Eselon II Pemkot Denpasar (2019)

2.Ida Fauziyah

 

Waketum PKB Ida Fauziyah menggantikan Hanif Dhakiri sebagai Menteri Tenaga Kerja. Selama lima tahun ke depan, Ida akan mengemban tugas dalam bidang kemitraan, pendidikan industri, jaminan sosial, perlindungan pekerja migran. 

Karier : Guru SMU Khadijah Surabaya (1997), Anggota DPR (1999), Pengurus Pusat Fatayat NU (2010) 

3.Retno Lestari Priansari Marsudi 

 

Dia kembali dipilih Presiden Jokowi menjadi Menteri Luar Negeri. Sepak terjangnya di Kemenlu periode 2014-2019, ditambah dengan isu ekonomi dan HAM yang menjadi unggulan Retno, berhasil menarik hati Presiden Joko Widodo . 

Karier : Sekretaris Bidang Ekonomi Kedubes Indonesia di Belanda (1997), Dubes Indonesia untuk Belanda (2012), Menteri Luar Negeri (2014)

4.Sri Mulyani Indrawati

 

Prestasinya yang baik di bidang keuangan, membuat Sri Mulyani Indrawati kembali dipilih sebagai Menteri Keuangan di kabinet terbaru. Kalangan ekonom pun menyambut baik atas kabar tersebut. Mereka menilai Sri Mulyani layak dipertahankan sebagai menteri yang dapat membantu presiden dalam menangani pos ekonomi.

Karier : Pakar Ekonomi IMF (2002), Menteri Keuangan (2005), Direktur Pelaksana Bank Dunia (2010),n Menteri Keuangan (2016)

5.Siti Nurbaya Bakar

 

Politikus NasDem ini kembali menjadi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan di periode 2019-2024. Presiden Jokowi pun memberi beberapa tugas baru kepada Siti, diantaranya yaitu menciptakan iklim investasi di sektor lingkungan hidup dan kehutanan. 

Karier : Sekretaris Jendral Depdagri (2001), Sekretaris Jendral DPR RI (2006), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (2014) 

(Foto cover : Aksi.Id)

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.