twitter  
Profil  

Kamis, 21 November 2019 | 12:44 wib
Meninjau Perkembangan Seni Rupa Indonesia Melalui Biennale Jogja XV


Biennale Jogja merupakan salah satu acuan utama dalam meninjau perkembangan seni rupa Indonesia yang diinisiasi oleh Yayasan Biennale Jogja. Salah satu fokusnya adalah pada pengembangan dan pengelolaan kekayaan budaya sebagai upaya untuk membangun dan mengoptimalkan seluruh potensi kreativitas dari manusia-manusia pencipta karya budaya maupun pemanfaatan seluruh aset budaya yang telah ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Do We Live in The Same Playground? menjadi tema dari Biennale Jogja Equator 5 Indonesia Bersama Asia Tenggara atau Biennale XV. 

 

Diikuti kurang lebih 60an seniman Indonesia seperti Abdoel Semute (Surabaya), Angki Purbandono (Jogja), Citra Sasmita (Bali), Ika Vantiani (Jakarta) dan Asia Tenggara seperti Moe Satt (Myanmar), Muslimah Collective (Thailand), Vandy Rattana (Kamboja), Biennale menyebar di empat venue yaitu di Taman Budaya Yogyakarta, Jogja Nasional Museum, Jl Ketandan dan Jogoyudan. 

 

 

 

Teman She tidak akan hanya melihat karya dengan satu tema namun akan disuguhi beragam karya, tentang wanita, tentang anak-anak, tentang lingkungan, tentang budaya yang mulai terlupakan, tentang buku, tentang bahan-bahan alami, tentang curahan hati dan banyak lainnya. Selama Biennale berlangsung pun, teman She bisa ikut beragam workshop, diskusi dan meet the artist yang dikemas spesial seperti workshop dongeng bersama PM Toh, lokakarya untuk anak membuat rumah dari kardus serta pertunjukan bunyi kontemporer. 

 

 
 
 
 
 

Empat lokasi Biennale ada di tengah kota, dan ada yang berdekatan bisa ditempuh dengan jalan kaki. Taman Budaya Yogyakarta ada di Jl. Sriwedari 1 atau di sebelah Pasar Buku Taman Pintar, Jl Ketandan ada di area Kampoeng Ketandan belakang Ramayana Maliboro, Jogja Nasional Museum ada di Jl Amri Yahya No. 1 dekat dengan parkir bis Ngabean dan terakhir ada di RW 10 Kampung Jogoyudan. 

Biennale Jogja Equator 5
Indonesia Bersama Asia Tenggara
20 Oktober – 30 November 2019
Gratis

(Foto dan Naskah : Deedee Dinata)

Thumbnail Image:

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.