twitter  
Profil  

Kamis, 19 Desember 2019 | 12:13 wib
Rekomendasi Resolusi Kesehatan di 2020
 

Dalam hitungan hari kita akan menjalani tahun yang baru tahun 2020. Suatu hal yang dilakukan orang pada umumnya jelang pergantian tahun yaitu evaluasi, rekap dan buat resolusi, ya kan? Ngomong-ngomong tentang resolusi, please jangan cuma tentang kehidupan asmara, keuangan dan traveling ya teman She hehe tapi kesehatan juga need banget. Tapi daripada mikir resolusi yang berat amat, yuk kita coba arrange resolusi-resolusi sederhana nan menyenangkan berikut ini supaya 2020 kita semakin sehat dan fabulous

1. Belajar memasak makanan sehat

Selain lebih hemat, belajar masak sendiri bisa membantu kita memiliki gaya makan yang lebih sehat. Targetnya adalah mempelajari cara membuat pilihan menu sehat lebih beragam dengan asupan sayuran, buah, dan bahan-bahan kaya nutrisi lainnya. Gol dari resolusi ini adalah memiliki pola makan yang lebih bernutrisi namun tetap menggoda selera makan dalam porsi yang pas. 

2. Lebih aktif bergerak

Sisipkan aktivitas fisik dalam rutinitas harian, sesederhana memilih naik-turun tangga dibanding menunggu lift atau elevator, berjalan kaki untuk mencapai lokasi yang dekat, atau bersepeda ke kantor/kampus.

3. Lebih banyak makan sayur

Ilmu tentang nutrisi rasanya sulit ya dan dipenuhi perdebatan tanpa henti, tapi sebetulnya intinya sangat sederhana yaitu konsumsi sayuran, hindari junk food dan tetap aktif bergerak. Kuncinya adalah menikmati makanan yang kita konsumsi tapi bukan untuk makan sebanyak atau sesering mungkin.

4. Berlatih mengontrol porsi makan

Yang harus diperhatikan adalah proporsi dan pembagiannya. Teman She bisa mengurangi porsi lemak dan menggantinya dengan porsi sayur dan buah yang lebih banyak. Trik lainnya adalah menggunakan telapak tangan kita sebagai pengukur porsi. Porsi protein seperti ayam atau ikan boleh sebesar telapak tangan kita sedangkan porsi tepung, gandum, beras sebaiknya sebesar kepalan tangan kita. Batasi kondimen penuh lemak seperti dressing untuk salad cukup seukuran beberapa sendok teh atau ujung jempol kita saja.

5. Bakar lemak setelah akhir pekan

Pastikan kita sempat berolahraga setelah menikmati weekend dimana berguna untuk membuang semua kalori ekstra yang terakumulasi dari Jumat sampai Minggu itu. Sebuah riset menunjukkan kaum dewasa muda mengonsumsi ekstra 115 kalori dari Jumat sampai Minggu dibanding hari lain yang kebanyakan karena asupan lemak dan alkohol.

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.