twitter  
Profil  

Rabu, 02 Januari 2019 | 06:00 wib
Apa Fashion Resolution Anda untuk 2019?
Sebelum memasuki tahun baru biasanya kita akan refleksi diri hal apa saja yang perlu diperbaiki maupun dilaksanakan, dan bisa jadi salah satunya tentang fashion.
 
Tren fashion semakin bervariasi membuat kita cukup kewalahan mengikutinya, satu sisi tidak bersahabat untuk kantong keuangan dan juga menyebabkan melimpahnya stok produk fashion sehingga menganggu stabilitas lingkungan.
 
Sejak saya banyak meneliti 3 tahun yang lalu tentang sustainable fashion, menonton berbagai film dokumenter tentang para pekerja atau buruh di industri fashion global, membuat saya mengurangi pembelian pakaian baru hingga 70 persen. Di tahun 2018 saya hanya membeli pakaian baru bila benar – benar diperlukan misal untuk acara tertentu dan pastinya akan dipilih warna atau siluet yang tidak lekang dengan waktu sehingga dapat dipakai berulang kali dalam jangka waktu yang lama.

 
Hal inilah yang menjadi fashion resolution saya sejak tahun 2017 karena ingin berbuat sesuatu untuk mendukung gerakan eco – fashion. Selain itu untuk brand fashion saya, saya pun memilih untuk bekerjasama dengan produsen tekstil yang ramah lingkungan membuang limbah tekstil di tempat khusus bukan ke sungai, mensejahterakan pekerjanya dan juga produsen tekstil batik yang menggunakan perwarnaan alam. Jadi teman She bisa menentukan apa yang menjadi resolusi tahun baru di 2019 seperti misalnya mencoba hal yang berani untuk tabrak motif dengan warna hitam putih, memakai stocking warna warni dengan pakaian bermotif macan tutul atau zebra, suatu fashion item atau style yang belum pernah dipakai karena merasa tidak pede, atau bisa juga ingin melakukan perbaikan untuk bumi seperti halnya yang saya lakukan mendukung gerakan sustainable fashion.
 
Aktris Hollywood dari film Bumblebee, Hailee Steinfeld misalnya, memiliki resolusi simpel untuk tahun 2019 yaitu lifestyle hidup lebih sehat, minum banyak air putih, lebih banyak waktu untuk tidur agar tampil lebih fit dan itu semua adalah bagian dari fashion resolution Hailee. Sedangkan aktris dan penyanyi dari film The Greatest Showman, Zendaya memiliki resolusi untuk tahun 2019 adalah menjadi bahagia untuk segala hal yang dilakukannya karena dengan being happy, mood juga akan terangkat baik dan tampilan keseharian kita sudah cukup fashionable dengan aura positif.

 
Tidak ketinggalan di Surabaya, Fashion Entrepreneur, Sosial Media Influencer Etty Soraya dan Esther Gracia juga turut menyampaikan fashion resolution mereka. Menurut Etty Soraya di tahun 2019 sebagai perempuan Indonesia yang bangga dengan seni dan budaya negeri sendiri maka tetap tampil elegan menggunakan kain tekstil Indonesia seperti batik maupun tenun dan wajib menggunakan produk lokal lebih banyak. Cukup berlimpah hasil karya anak bangsa para pelaku industri kreatif khususnya fashion yang tidak kalah berkualitas baik pada hasil dan pembuatannya dengan produk luar negeri.

Bagi Esther Gracia yang adalah seorang Fashion Entrepreneur, Influencer dan Ibu Rumah Tangga merasa penting untuk menjadi lebih pede di tahun 2019 demi kemajuan industri fashion di Surabaya. Dengan tidak lagi bermain di zona nyaman di fashion khususnya lebih berani untuk padu padan ootd sehari - hari, tidak khawatir menjadi pusat perhatian di mall atau area publik lainnya karena tampil beda.
 
Tips penting untuk teman She, simple fashion resolution juga boleh dilakukan setiap hari atau setiap minggu, lakukan checklist setiap kalinya dan berikan apresiasi untuk diri anda sendiri karena meraih goal tersebut.

Tentang Janet Teowarang
Janet Teowarang merupakan founder dan creative director brand fashion miliknya yaitu Allegra Jane, selain itu Janet juga menjadi dosen di Universitas Ciputra Surabaya. Janet meraih Australia Awards dari Pemerintah Australia di sektor Fashion dan Textile. Karyanya juga telah dipresentasikan di Indonesia Fashion Week, Mercedes Benz Asia Fashion Award dan mengikuti kompetisi Mango Fashion Award di Spanyol.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.