twitter  
Profil  

Rabu, 29 Mei 2019 | 12:36 wib
Fungsi Trend Warna Spring Summer 2020 Untuk Pakaian Muslim


Tak terasa perayaan Idul Fitri akan segera datang terlihat dari banyaknya konsumen memadati pusat pembelanjaan untuk pilihan pakaian dan aksesoris baru. Namun, pentingnya memadu padankan potongan busana yang dipilih agar kombinasi warna dapat bervariasi sesuai dengan karakter si pemakai.

Saat ini banyak digunakan warna – warna dasar (basic) seperti hitam, putih, abu maupun krem atau warna pastel untuk pakaian muslim sehingga pilihan warna lainnya cukup terlewatkan untuk dicoba. Bila teman She perhatikan di edisi Fashion Notes yang lalu ada beberapa pembahasan tentang trend fashion akhir tahun 2018 serta ulasan berbagai sisi trend. Mengapa kita wajib tahu trend warna dan fashion? Kenyataannya banyak orang yang berpendapat bahwa mengikuti trend dunia belum tentu sesuai dengan gaya fashion lokal tapi sebenarnya kita wajib berkiblat pada sumber yang dapat dipercaya agar mengetahui benang merah perjalanan evolusi warna dan fashion dari tahun ke tahun. Bereksperimen dengan warna tentunya seru apalagi jika digunakan untuk keperluan pribadi agar meningkatkan kepercayaan diri dan juga tampil beda. Untuk Ramadhan ini teman She bisa mencoba berbagai perpaduan warna dari trend warna Spring Summer 2020.Trend warna dan fashion dari WGSN merupakan sumber trend dunia yang saya gunakan sebagai acuan terpercaya agar memahami pergerakan trend yang dipengaruhi oleh berbagai aspek seperti teknologi maupun perubahan gaya hidup manusia. Trend warna Spring Summer 2020 merupakan pengembangan dari tahun – tahun sebelumnya yaitu Neo Mint, Purist Blue, Cassis, Cantaloupe dan Mellow Yellow.

Neo Mint adalah warna utama untuk musim Spring Summer 2020 yaitu sebagai warna baru menyambut perwujudan teknologi dan ilmu sains yang selama ini ditampilkan melalui film bertemakan sci – fi.

Neo Mint



Jika mengamati hal – hal yang akan terjadi di tahun 2020 dari Artificial Intelligence (AI) Olympic Games, selesainya gedung neo – futuristic Jeddah Tower di Saudi Arabia hingga terdapat fasilitas ‘taksi terbang’ (flying taxis) di Amerika khususnya Los Angeles dan Dallas memberikan gambaran besar akan perkembangan teknologi ilmiah yang sebelumnya berupa mimpi menjadi kenyataan. Menurut artikel oleh Jane Boddy di website WGSN mengapa warna diyakini penting? Karena warna menjadi titik fokus selama setahun terakhir di industri desain, diawali pengaruh besar trend warna milenial pink dan Gen Z kuning yang digunakan mayoritas segala hal kekinian dari produk pakaian casual berupa kaos (T- Shirt) dan dekorasi interior toko untuk café maupun museum seni (wisata swafoto) seperti Haluu World.

Contoh pengembangan atau evolusi warna dari musim ke musim seperti warna kuning ketika peluncuran koleksi Spring Summer 2019, luxury brand Max Mara mengenalkan warna Daffodil Yellow sama dengan trend warna Spring Summer 2019 dari WGSN yaitu Sunny Yellow menjadi suatu warna yang ‘hype’ tahun ini.


Max Marra SS 2019



Warna Daffodil Yellow Max Mara dikembangkan menjadi Mellow Yellow di tahun 2020 yaitu warna kuning yang memiliki sifat warna lebih earthy dan deep. Lalu bagaimana cara mengabungkan warna – warna trendi ini dengan basic colors?

Max Marra SS 2019 Campaign



Mudah saja, teman She dapat memadu padankan salah satu dari trend warna ini dengan warna dasar misalnya Neo Mint seperti contoh terlampir blazer dan celana dapat dikombinasikan dengan dalaman warna putih dan hijab atau headscarf berwarna abu – abu.


Highsnobiety



Selain itu contoh lainnya untuk trend warna Cantaloupe dapat dipadu padankan dengan warna putih, krem atau pink keunguan seperti gambar terlampir, dan jika ingin tampil lebih bold perpaduan warna hitam dan cantaloupe juga akan terlihat intens dan fashionable. Hal yang paling penting dalam mengabungkan warna – warna ini adalah hindari menabrakkan dua trend warna secara bersamaan misal seperti Mellow Yellow dengan Neo Mint karena akan terlihat sangat berlebihan, menghilangkan titik fokus serta keelokan suatu pengabungan warna.

Cantaloupe




Tentang Janet Teowarang:

Janet Teowarang merupakan founder dan creative director brand fashion miliknya yaitu Allegra Jane, selain itu Janet juga menjadi dosen di Universitas Ciputra Surabaya. Janet meraih Australia Awards dari Pemerintah Australia di sektor Fashion dan Textile. Karyanya juga telah dipresentasikan di Indonesia Fashion Week, Mercedes Benz Asia Fashion Award dan mengikuti kompetisi Mango Fashion Award di Spanyol.






Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.