twitter  
Profil  

Kamis, 11 Juli 2019 | 15:01 wib
Yang Perlu Diketahui tentang Menyusui
 

Ternyata tidak semua ibu baru siap dan happy ketika akan menyusui buah hati. Dalam prosesnya, muncul beberapa kekhawatiran yang tidak jarang membuat mereka parno. Menurut Muthia Ananda, konselor ASI dari AIMI Jawa Timur, beberapa yang sering dikhawatirkan yaitu apakah asinya cukup, apakah asi cukup bergizi untuk anak, bentuk payudara berubah hingga adanya rasa nyeri ketika menyusui. Semua ini terjadi karena kurangnya atau bahkan tidak adanya pendampingan serta informasi yang maksimal bagi calon ibu. Disinilah kata Muthia, support system dibutuhkan baik dari suami, keluarga dan juga pihak medis (rumah sakit). Calon ibu juga harus membekali diri tentang apa-apa yang harus dilakukan setelah melahirkan, semisal IMD atau inisiasi menyusui dini. Namun, lebih dari itu, calon ibu harus paham what to do lainnya, yaitu posisi menyusui dan perlekatan yang tepat ketika menyusui supaya asi cukup dan lancar, menumbuhkan mindset yang positif dan paham kerugian yang akan dialami apabila tidak mau menyusui .

Lebih lanjut Muthia mengatakan, calon ibu haruslah mempunyai keyakinan bahwa dia mampu menyusui buah hati karena kalau pun tidak menyusui, kerugian tidak hanya dirasakan si kecil nantinya namun juga akan memicu kendala kesehatan lain, dalam hal ini adalah pembengkakan payudara. Saran dari Muthia yang on air di Morning She edisi 10 Juli 2019, mulai sekarang untuk para calon ibu, segera cari rumah sakit yang pro asi serta ramah anak. Konsultasikan segala kekhawatiran yang dirasakan tentang segala proses menyusui, baik itu pada dokter, keluarga atau pun juga komunitas yang pro asi.

(Gambar : Google)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.