twitter  
Profil  

Selasa, 23 Juli 2019 | 11:12 wib
Osa si "Jago Robot" dari Surabaya
 

Osa sapaan akrab Hernawan Santosa, siswa kelas 1 SMPN 1 Surabaya ini mampu mengharumkan nama Indonesia lewat prestasi di robotik yang dimenangkannya. Sejak Kelas 4 SD Osa sudah meraih medali emas di ajang 3rd Indonesia Robot Cup yang diadakan Kemristek Dikti tahun 2016, ditahun 2017 juga menambah pundi pundi medalinya di lomba robotic dan tahun 2018 kemarin dia berhasil menjuarai RoboFest di Okayama University, Jepang, lewat nomor Primary Gathering dan Primary Transporter

Tahun 2019 saat Osa masih duduk di kelas 6 SD dia menang di ajang Lomba Robot Nasional (Baronas 2019). Tim Robot yang dia pimpin berhasil menjadi yang tercepat saat membawa misi membawa dan menaruh bola bekel ke tujuan. Mereka menyingkirkan 160 tim dari seluruh Indonesia.

Target berikutnya pada bulan Agustus nanti Osa juga akan mengikuti Robofest 2019 di Jepang dan ketika ditanya rencana kedepan akan membuat robot apa, dia menjawab ingin membuat robot yang bisa membantu masyarakat ketika membutuhkan bantuan.

Ibunda Osa Nani Fitriani merasa sangat bangga dengan apa yang sudah diraih oleh anak bungsunya, karena banyak waktu dia yang dipakai untuk kegiatan positif. "Sewaktu masih Indonesia saya selalu mendampingi Osa setiap lomba dan latihan, mengikuti progres perkembangan dia, karena berkaitan dengan robot ya pastinya berhubungan dengan biaya, tapi itu tidak masalah mending uangnya dibuat beli robot daripada buat beli barang barang yang tidak bermanfaat" , kata Nani.

(Foto dan naskah : Faris, Editor : Deedee)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.