twitter  
Profil  

Selasa, 13 Agustus 2019 | 12:33 wib
Mencegah Stunting dan Mengurangi Angka Kematian Ibu - Anak


Stunting saat ini masih menjadi “PR” untuk dokter-dokter ibu dan anak. “Sebenarnya stunting bisa ditekan saat awal kehamilan dengan makanan makanan sehat, karena ibu-ibu hamil masih ada  yang salah pola makannya. Seperti makan makanan cepat saji”, kata dr Sukamto SpOG Direktur RSIA Kendangsari.

Selain itu, untuk mengurangi angka kematian ibu dan anak serta mencegah terjadinya stunting pada anak, banyak upaya yang bisa dilakukan seperti imunisasi, pengawasan tumbuh kembang, penanganan gangguan hormon, relaktasi dan program MPASI.  Imunisasi kepada bayi yang baru lahir sendiri pun tidak hanya imunisasi dasar saja melainkan imunisasi yang lengkap. Kemudian pengawasan tumbuh kembang anak paling tidak dilaksanakan dari masa kehamilan sampai usia anak 2 tahun oleh dokter-dokter spesialis seperti spesialis tumbuh kembang, spesialis hormon dan spesialis penyakit kronis.

Segala upaya untuk mengurangi angka kematian ibu dan anak serta mencegah terjadinya stunting pada anak, juga dilakukan oleh RSIA Kendangsari dengan memperkenalkan Well Baby Clinic (Klinik Bayi Sehat dan Sejahtera) pada 8 Agustus 2019.  Selain ada klinik yang melayani ibu dan anak, RSIA mengadakan pertemuan rutin 3 bulan sekali dengan para pasien berobat jalan.

(Yuna, Editor : Deedee)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.