twitter  
Profil  

Rabu, 08 Januari 2020 | 10:58 wib
Sepatu dari Kulit Ceker Ayam
 

Nurman Farieka Ramdhani owner Hirka Shoes berhasil mengubah bahan yang selama ini sering cuma jadi limbah, diubah menjadi sepatu yang bernilai tinggi.

Semua bermula ketika Nurman masih menjalankan sepatu kanvas Hirka. Dia tertarik dengan hasil penelitian sang ayah 20 tahun lalu. Seperti yang dilansir dari Kompas.com,  saat itu, ayahnya yang berkuliah di Politeknik Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta mengembangkan kulit ceker ayam sebagai raw material. Selama satu tahun Nurman melakukan penelitian, menjadikan bahan itu untuk material sepatu dan pada 2017 baru meluncurkan produk ke pasaran. Sesuai dugaan, sepatu itu diterima pasar. Dari segi penampilan, kulit ceker ayam dan teksturnya mirip dengan kulit ular, malah bisa dibilang kulit ular lebih rawan terkelupas dibanding ceker ayam. 

Dengan adanya inovasi penggunaan ceker ayam ini pun diharapkan bisa mengurangi penjualan kulit fauna lain seperti ular dan buaya, apalagi ketersediannya yang berlimpah. Selain Indonesia, Hirka sudah menembus banyak negara seperti Malaysia, Singapura, Hong Kong, Brazil, Perancis, Inggris, dan Turki.

IG : @hirka.official

(Hai.Grid.Id) 

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.