twitter  
Profil  

Jumat, 10 Januari 2020 | 10:19 wib
Plastik Tidak Lagi Digunakan di Beberapa Wilayah Ini
 

Selamat bergabung Jakarta sebagai wilayah di Indonesia yang menerapkan peraturan pelarangan penggunaan kantong plastik di pusat perbelanjaan, toko swalayan dan pasar rakyat sebagai upaya pengurangan sampah plastik dan peraturan ini akan mulai diterapkan pada bulan Juni 2020. Beberapa wilayah di Indonesia memang telah melakukan upaya resmi untuk mengurangi sampah plastik, bahkan ada yang sudah melakukannya sejak tahun 2016. 

Banjarmasin
Ibukota provinsi Kalimantan Selatan ini adalah kota pertama di Asia Pasifik yang melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai. Dikutip dari CNN, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Daerah Kota Banjarmasin mulai melarang penggunaan kantong plastik di toko-toko modern hampir empat tahun yang lalu, tepatnya pada akhir Maret 2016. 

Balikpapan
Selain Banjarmasin, ada pula kota lain di Pulau Kalimantan yang menerapkan kebijakan larangan penggunaan kantong plastik, yaitu Balikpapan. Kota yang terletak di Kalimantan Timur ini mulai melarang penyediaan kantong plastik di toko-toko ritel sejak Juli 2018 dan Kepala BLH Balikpapan mengungkapkan bahwa larangan ini berhasil mengurangi sampah plastik, menurut laporan Bisnis.com. Untuk menggantikan plastik, toko-toko menyediakan kardus untuk para pelanggan.  

Jambi
Mengikuti langkah Banjarmasin dan Balikpapan, Kota Jambi pun mulai melarang penggunaan kantong plastik di toko-toko modern sejak Januari 2019. Dikutip dari Detik.com, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jambi mengatakan bahwa kebijakan ini mulai diterapkan untuk memperkuat Peraturan Daerah tentang pengelolaan sampah yang ditetapkan pada tahun 2013.

Bogor
Terletak di Jawa Barat, Kota Bogor mulai melarang penggunaan kantong plastik di gerai ritel modern sejak 1 Desember 2018. “Dari 23 gerai yang ada di Kota Bogor menghasilkan 1,8 ton kantong plastik per hari dan dengan kebijakan ini kita kurangi secara signifikan,” kata Kepala DLH Kota Bogor Ellia Buntang pada Antara.

Jayapura
Sejak 1 Februari 2019, toko modern dan pusat perbelanjaan di Kota Jayapura resmi dilarang menyediakan kantong plastik, dan para pembeli pun dianjurkan untuk menggunakan tas, keranjang, atau noken (tas tradisional Papua yang terbuat dari serat kayu) untuk berbelanja. Dilansir dari Pos Papua, larangan ini mulai dilaksanakan sejak tahun 2017 dan respon dari 50% warga pun positif. 

Provinsi Bali
Sesuai dengan Peraturan Gubernur Bali Nomor 97 Tahun 2018, provinsi Bali pun mulai mengurangi penggunaan plastik sekali pakai sejak Desember 2018, tapi peraturan tersebut mulai berlaku sepenuhnya sejak Juli 2019. Dan bukan hanya kantong plastik saja, tapi penggunaan styrofoam dan sedotan plastik pun telah dikurangi. 

Surabaya
Meskipun belum sepenuhnya berlaku, pemerintah Kota Surabaya secara resmi telah menghimbau warga untuk mengurangi penggunaan kantong plastik dan styrofoam sejak Agustus 2019. “Untuk mengubah perilaku masyarakat memang tidak mudah, namun secara bertahap Pemkot Surabaya akan terus memberikan edukasi,” Kepala DLH Kota Surabaya Eko Agus Supiandi memberi tahu CNN.

Dan tidak hanya ketujuh daerah Indonesia tersebut saja teman She yang sudah melarang penggunaan kantong plastik, karena menurut laporan CNN, ada daerah lain yang telah menerapkan kebijakan larangan kantong plastik yaitu : 

o Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan
o Kota Bukittinggi, Sumatera Barat
o Kota Bontang, Kalimantan Timur
o Kabupaten Biak Numfor, Papua
o Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur

(Cosmopolitan Indonesia) 

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.