twitter  
Profil  

Senin, 13 Januari 2020 | 10:55 wib
Tokoh Perempuan dalam Teknologi Komputer dan Internet
 

Sampai sekarang, bidang sains dan teknologi selalu diidentikkan sebagai sesuatu yang maskulin. Demikian juga dengan perkembangan teknologi komputer dan internet. Padahal banyak sekali perempuan-perempuan hebat yang menjadi pionir di dalamnya, namun nama-nama mereka dikesampingkan oleh sejarah.

Agar kita tidak lupa dan untuk memberikan apresiasi terhadap mereka, berikut adalah perempuan-perempuan yang menjadi pionir dalam perkembangan awal teknologi dan internet.

Hedy Lamarr

Password wifi-nya apa ya?” adalah pertanyaan sejuta umat saat masuk sebuah kafe. Siapa sangka teknologi yang saat ini digunakan dalam jaringan wifi itu diciptakan seorang aktris Hollywood bernama Hedy Lamarr, bekerja sama dengan komponis terkenal George Antheil. Lahir di Austria pada 1914, Lamarr sudah menjadi aktris di negara kelahirannya sebelum dikontrak oleh studio Metro-Goldwyn-Mayer (MGM). Namun ia memiliki minat besar terhadap matematika. 

Ketika Perang Dunia II berlangsung, Lamarr tidak ingin berdiam diri. Bersama Antheil, mereka menemukan teknik komunikasi frequency-hopping spread spectrum untuk melindungi torpedo menuju ke tempat sasaran dari serangan musuh. Mereka kemudian mencari hak paten dan dukungan militer untuk temuan mereka. Namun sampai masa berlaku hak paten tersebut habis, Lamarr dan Antheil tidak pernah mendapatkan penghargaan apa pun. 

Pada saat ia berumur 83 tahun, barulah publik mengenal temuan dari Hedy dan Antheil dan Yayasan The Electronic Frontier memberikan Pioneer Award pada 1997. Lamarr juga menjadi perempuan pertama yang menerima the Invention Convention’s Bulbie Gnaas Spirit of Achievement Award.  

Radia Perlman

Radia Perlman adalah pemrogram komputer dan insinyur jaringan komputer. Bergelar Master Komputer Sains dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), ia menjadi sangat terkenal karena menciptakan teknologi Spanning Tree Protocol (STP) pada tahun 1984. STP ini menjadi dasar temuan-temuan berikutnya terkait dengan sebuah sistem yang menghubungkan banyak komputer. Inovasi-inovasi yang dia ciptakan membuatnya dijuluki sebagai "The Mother of Internet". Namun, dalam wawancara bersama The Atlantic, dia mengatakan agak tidak suka dengan julukan tersebut karena menurutnya internet ada karena ada banyak orang yang mengembangkannya.

Sophie Wilson

Di awal perkembangannya, telepon genggam hanya dapat digunakan untuk menelepon saja, hingga dia berinovasi menjadi ponsel pintar  yang saat ini digunakan hampir 2,71 miliar pengguna di dunia. Salah satu yang berjasa dalam pengembangan ponsel ini ilmuwan komputer bernama Sophie Wilson dari Inggris.

Pada tahun 1981, ketika dia bekerja di perusahaan Accorn Computer Ltd, Wilson bersama dengan timnya memperbaharui teknologi Accorn Atom dari bahasa pemrograman BASIC menjadi versi yang lebih baik, yakni Accorn Proton. Ini adalah sebuah komputer mikro yang membuat Accorn meraih kontrak dengan British Broadcasting Corporation (BBC) untuk sebuah acara televisi tentang sains, “The Computer Literacy Project”.

Transpuan yang mengenyam pendidikan komputer sains dan matematika tripos di Universitas Cambridge ini, kemudian memimpin pengembangan dari teknologi yang sudah diberi nama BBC BASIC selama 15 tahun berikutnya. Pada 1983, Wilson mulai mendesain satu set instruksi untuk prosesor bernama Reduced Instruction Set Computer (RISC) yang kemudian diberi nama The Accorn RISC Machine (ARM). Dua tahun kemudian, The ARM1 diluncurkan dan beroperasi untuk pertama kalinya. Inilah yang menjadi cikal bakal pengembangan microprocessor yang digunakan pada tiap ponsel pintar yang kini beredar.

Magdalene




Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.