twitter  
Profil  

Sabtu, 04 April 2020 | 12:13 wib
Siaga Keuangan Di Tengah Pandemi Virus Corona
 

1.Kencangkan ikat pinggang
Mulai berhemat maksimal, kurangi pengeluaran tidak penting atau konsumtif impulsif dan simpan uang kita.

2.Catat dan hitung ulang pengeluaran bulanan
Catat semua pengeluaran bulanan, pisahkan ke dalam pos wajib dan yang bisa dikurangi atau dibuang, lihat kembali bila teman She butuh memangkas pengeluaran di bulan – bulan depan. 

3.Cek daftar aset dan utang kita
Periksa dan hitung kembali jumlah aset (dari tabungan hingga rumah / saham/ reksadana) dan jumlah utang / cicilan yang kita miliki. 

4.Stop dulu investasi 
Para ahli keuangan menyarankan untuk stop investasi dan menyimpan uang dalam bentuk tunai / tabungan konvensional di kondisi perekonomian yang tidak menentu seperti sekarang. 

5.Siapkan uang tunai dan tambah dana darurat
Selalu sedia sejumlah uang tunai di rumah dan sebisa mungkin tambahkan isi tabungan dana darurat kita hingga bisa menutupi kebutuhan bulanan 6-12 bulan ke depan, untuk jaga-jaga bila terjadi PHK atau pemotongan gaji. 

6.Menambah pendapatan dengan cara berdagang
Salah satu upaya untuk bertahan dalam situasi ketidakpastian ekonomi seperti sekarang ini adalah dengan berdagang. Namun pastikan apa yang kita jual merupakan segala sesuatu yang orang lain butuhkan, dengan harga yang rasional dan bisa kita mulai dari jejaring pribadi yang kita miliki. 

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.