twitter  
Profil  

Rabu, 08 April 2020 | 15:06 wib
Aplikasi Meeting Jarak Jauh
 

Perkembangan teknologi membantu work from home selama pandemic Covid-19, antara lain dengan adanya beberapa aplikasi untuk meeting yang dapat teman She manfaatkan, baik di gawai berbasis iOS, Android, dan Windows, di smartphone, laptop, desktop, dan tablet. 

1. Skype
Dulu Skype digunakan untuk menggantikan telpon interlokal atau SLJJ ke luar negeri, tapi sekarang kita dapat melakukan video-conference di Skype dengan 50 pengguna sekaligus. 

2. Facebook Messenger
Untuk sesama pengguna Facebook, dapat memanfaatkan meeting di Facebook Messenger yang berkapasitas 50 pengguna, tanpa perlu mengetahui nomor handphone, alamat email, juga tidak perlu sign-up atau mendaftar lagi. Kalau berganti gawai, tidak akan kehilangan history. Juga dilengkapi dengan fitur notifikasi yang dapat dihidup-matikan sesuai kebutuhan, serta fitur-fitur GIF, dark-mode dan lain-lain.

3. Apple FaceTime
Pengguna iOS dapat memanfaatkan fitur FaceTime yang berkapasitas 32 pengguna sekaligus. Meeting pun akan terasa menyenangkan dengan penggunaan efek-efek kamera dan emoji. 

4. Webex Meeting
Webex  sudah digunakan lebih dari enam juta meeting per bulan dengan sistem keamanan yang kuat. Webex Meeting sendiri menyediakan fitur screen sharing, meeting recording, sampai tata letak layar yang bisa disesuaikan untuk keperluan display rapat. Versi gratisnya hanya bisa untuk 3 peserta, versi berbayar bisa untuk 200 peserta. 

5. Google Hangout Meeting
Berkapasitas 250 peserta sekaligus, sementara layanan streaming-nya dapat ditonton oleh 100.000 penonton sekaligus, cocok untuk peluncuran produk misalnya. Juga dapat menyimpan catatan, hasil meeting langsung ke google-drive dan keamanannya pun  terjamin.  

6. Zoom
Ini adalah aplikasi meeting yang amat trend belakangan ini, namun punya kelemahan signifikan yaitu bocornya konten karena tidak menggunakan sistem enkripsi. Zoom mungkin tidak cocok dipakai pemerintah, industri strategis dan rapat rahasia lainnya. Versi gratis berkapasitas 100 pengguna sekaligus. Kita dapat membuka file seperti power point langsung menggunakan aplikasi tanpa perlu repot-repot merekamnya dan juga dapat menjadwalkan meeting.

(Ella Su'ud)

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.