twitter  
Profil  

Selasa, 12 Mei 2020 | 10:06 wib
VOA : Gitaris Perempuan, Hapus Stigma Di Industri Musik
 

Fabi Reyna seniman yang tampil di panggung-panggung di seluruh dunia, mengelola festival musik dan pemimpin redaksi majalah “She Shreds” mendedikasikan dirinya bagi para gitaris dan basis perempuan. Dimana tujuannya untuk memastikan orang yang kurang terlayani dapat dilayani, karena bagi Reyna banyak gitaris perempuan yang tidak diketahui oleh publik. 

"Saya kira, sejujurnya, siapa yang menyampaian cerita-cerita ini, siapa yang menciptakan sejarah? Siapa yang menulis buku, siapa yang berada di posisi eksekutif untuk mengambil keputusan? Sebagian besar, lebih dari 90% adalah laki-laki kulit putih. Terutama di Amerika," lanjutnya. Dan, di halaman-halaman majalah “She Shreds,” Reyna dan timnya berulangkali menulis bahwa perempuan sama baiknya dengan laki-laki. Tetapi Reyna sendiri mengatakan ia membutuhkan waktu lama untuk memahami hal itu.

Reyna yang lahir di Meksiko dan dibesarkan di Texas, tetapi kini ia tinggal di Portland, Oregon. Ia mulai bermain gitar ketika masih anak-anak, tetapi sebagai musisi muda ia tidak pernah tampil. Pada usia 18 tahun Reyna memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikan, dan justru melakukan tur musik keliling Amerika bersama kelompok band-nya. Setelah melangsungkan konser selama satu tahun, muncul gagasan untuk mempublikasikan majalah yang khusus didedikasikan bagi pemain gitar perempuan. Diperlukan tiga tahun lagi hingga edisi pertama majalah “She Shreds” dipasarkan.

Kini Reyna telah menerbitkan majalah "She Shreds" selama tujuh tahun, tiga edisi dalam satu tahun. Reyna pun mengatakan ia  merasakan kepuasan yang luar biasa saat bermain gitar. Reyna optimis pada masa depan perempuan dalam industri musik, dan juga gitar. Ia yakin waktu sedang berubah dan perempuan akan meningkatkan kemampuan gitar mereka, serta kemampuan memamerkan bakat mereka sendiri.Karena tentunya para pemain gitar musik rock, tentu sangat suka jika ada pemain gitar perempuan. [em/ii]

VOA - Yuna

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.