twitter  
Profil  

Sabtu, 08 Agustus 2020 | 10:52 wib
Tidur Lebih Nyenyak, Salah Satu Manfaat Membaca
 

Salah seorang teman mengatakan, untuk yang baru mulai membiasakan membaca buku, bisa mencoba dengan sehari baca satu lembar dan tingkatkan frekuensinya di hari berikutnya. Dengan begitu kita akan terbiasa membaca buku yang awalnya susah. Selain banyak cara untuk memulai suka membaca, kita pun akan dapat banyak pula manfaat dari membaca, seperti yang satu ini teman She. 
 
1. Menenangkan
Penelitian di University of Sussex pada 2009 menunjukkan bahwa membaca bahkan lebih baik dalam meredakan stress ketimbang aktivitas lain seperti berjalan-jalan atau mendengar musik. Para peneliti mengukur detak jantung dan tekanan otot partisipan. Mereka menemukan bahwa hanya butuh enam menit setelah membaca untuk bisa meredakan ketegangan. Tidak peduli buku apa yang dibaca, selama kita tertarik dengan isi buku tersebut maka cemas dapat diredam.

2. Membangkitkan Imajinasi
Membiarkan diri larut di dalam buku, maka memungkinkan kita masuk ke dalam imajinasi yang berpengaruh pada kreativitas. Membaca dapat merangsang ide dan kemungkinan baru dalam waktu yang lama bahkan setelah selesai membaca. Membaca membantu kita memecahkan masalah, berkomunikasi, dan berpikir kritis.

3. Meningkatkan Empati
Penelitian yang dilakukan oleh Journal Plos One menemukan bahwa membaca kisah fiksi mampu meningkatkan empati. Mendalami karakter atau alur cerita dapat membuat pembaca lebih paham akan kehidupan serta tantangan yang dialami orang lain. Keadaan ini membantu mereka keluar dari asumsi pribadi maupun stereotip.

4. Tidur Lebih Nyenyak
Membaca memberi sinyal pada pikiran untuk melambat dan rehat sejenak. Tidak seperti telepon selular atau televisi, buku tidak memancarkan sinar dari layar yang menstimulasi otak. Membaca selama 15 hingga 20 menit sebelum tidur baik untuk membuat tubuh lebih rileks dan tidur nyenyak.

5. Hiburan yang Positif
Media sosial dan televisi hanya menampilkan apa yang ada di permukaan. Di samping itu, fokus seseorang masih bisa terpecah ketika sedang menonton televisi atau bermedia sosial. Namun, membaca memberi kita kesempatan untuk lebih fokus pada diri-sendiri, merasakan emosi yang mendalam, dan masuk ke dalam cerita. Tidak hanya itu, membaca juga menghibur dan baik untuk memperkaya jiwa. 

Karena membaca juga merupakan cara mudah menjaga kesehatan mental, cocok diterapkan untuk redakan kekhawatiran di masa krisis seperti sekarang ini teman She. 

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.