twitter  
Profil  

Jumat, 18 September 2020 | 10:21 wib
Trik Mengolah Limbah Buah Alpukat
 

Dari laman metro.co.uk, pakar limbah makanan sekaligus salah satu pendiri Oddbox (sebuah layanan yang menyediakan untuk konsumen buah-buahan dan sayuran dari perkebunan yang tampaknya sedikit berbeda dari produk yang dijual di supermarket ), Emilie Vanpoperinghe, mengungkapkan ada enam trik mengolah limbah alpukat. Trik ini merupakan solusi dimana setiap buah alpukat ternyata menghasilkan limbah yang cukup banyak baik kulit atau biji bulatnya, walau alpukat menjadi salah satu buah yang digemari karena kandungan gizi yang baik untuk tubuh. 

Tanam kembali 
Dengan menanam biji alpukat, maka kita bisa menumbuhkan pohon alpukat baru dan mendapatkan buah alpukat dengan mudah. Untuk menanam pohon alpukat, kita membutuhkan tiga tusuk gigi, segelas air, dan ambang jendela.

Cara menanamnya, tusuk biji alpukat dengan tusuk gigi, sehingga biji bisa diletakkan di tepi gelas dengan ujung akar bawah terendam air. Tempatkan di ambang jendela yang diterangi matahari.

Minum teh alpukat
Jangan salah, biji alpukat bisa menghasilkan air yang bermanfaat bagi pencernaan. Dengan merebus air biji alpukat, maka kita bisa mendapatkan seduhan air alpukat hangat, dan bisa menjadi pengganti menu teh di sore hari. 

Caranya, masukkan biji alpukat ke dalam panci kecil berisi air, lalu didihkan selama lima menit sampai lunak. Setelahnya, potong halus biji alpukat yang telah lunak itu lalu masukkan ke teko. Biarkan potongan itu meresap ke dalam air mendidih selama lima menit. Lalu, saring ke dalam cangkir dan sajikan selagi hangat. 

Membuat bubuk alpukat
Bubuk dari batu biji alpukat bisa digunakan untuk pemanis pada smoothies, roti bakar atau salad. Batu biji alpukat yang mengandung lemak, protein, dan serat makanan serta antioksidan bisa dinikmati dalam makanan-makanan yang ditaburi bubuk biji alpukat. 

Masukkan ke dalam smoothie
Belah batu biji alpukat menjadi dua dengan pisau berat. Lalu masukkan ke dalam blender dengan bahan smoothie lainnya. Batu alpukat yang pahit akan lebih cocok jika dipasangkan dengan bahan yang memiliki rasa yang kuat. Cobalah smoothie coklat kelapa atau ramuan mangga dan pir manis.

Menjadikan kulit alpukat jadi pot tanaman
Kemas kulit alpukat dengan kompos dan gunakan untuk menanam bibit. Bentuk alami mereka membuat pot ambang jendela berukuran sempurna untuk menanam sayuran dan tanaman lain dari biji.

Memanfaatkan kulit alpukat untuk merawat kulit tubuh
Kulit alpukat bagian dalam bisa bermanfaat untuk kulit kita. Caranya, gosokkan semua sisa daging yang penuh dengan minyak alpukat, ke seluruh kulit tubuh. Dengan demikian, kulit tubuh kita bisa menjadi lebih halus dan lebih sehat.

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.