twitter  
Profil  

Jumat, 16 Oktober 2020 | 07:32 wib
Drama Korea Tentang Isu Kesehatan Mental
 

Kalau teman She suka k-drama yang tidak melulu tentang romansa percintaan, semoga beberapa rekomendasi k-drama berikut anda suka, terlebih kali ini adalah list k-drama yang fokus pada issue kesehatan mental.  

Kill Me, Heal Me

Kill Me, Heal Me menceritakan tentang sebuah kisah cinta antara Cha Do Hyun yang merupakan anak dari keluarga kaya yang mengidap Dissociative Identity Disorder  (DID) dan memiliki 7 kepribadian berbeda serta seorang dokter residen tahun pertama, Oh Ri Jin yang akhirnya menjadi dokter rahasia untuk Do Hyun. Drama ini tidak hanya dengan sempurna menggambarkan penyakit mental yang dialami oleh karakter Cha Do Hyun, tapi juga berhasil mengemasnya dengan cara yang menyenangkan dan lucu. Meski topiknya yang diangkat cukup berat, karakter Cha Do Hyun digambarkan akhirnya berani berjuang untuk mencari jalan memperbaiki dirinya. 

It’s Okay to Not be Okay

It’s Okay to Not be Okay menceritakan tentang kisah perjuangan Moon Kang Tae yang berprofesi sebagai seorang suster di sebuah rumah sakit jiwa untuk menghidupi dirinya dan kakak laki-lakinya, Sang Tae yang juga mengidap autisme. Dalam perjalanannya dia bertemu dan jatuh cinta dengan sosok Go Moon Young, penulis buku cerita anak-anak yang menderita gangguan kepribadian antisosial.

It’s Okay To Not Be Okay merupakan serial yang benar-benar membahas masalah kesehatan mental dengan berbagai jenis penyakit mental. Banyak karakter yang menghadapi semacam trauma yang menyebabkan mereka mengalami tekanan emosional. Dengan bersandar pada orang-orang yang mengasihi mereka, para karakter dalam serial ini akhirnya mampu memahami satu sama lain dan menangani masalah mereka.

Good Doctor

Drama ini menceritakan karakter Park Shi On, ahli bedah anak paling berbakat, yang nyatanya sering kali dipandang sebelah mata karena kondisi mental, dimana dia adalah seseorang dengan sindrom savant dan mengidap autisme. 

Selain itu, ada juga K-Drama lainnya seperti : It’s Okay, That’s Love, Sky Castle, Chocolate, Clean with Passion For Now, Heart to Heart, Hyde Jekyll, Me dan Fix You

WHO sendiri merilis kalau saat ini setidaknya ada 350 juta warga di dunia yang sedang berjuang melawan gangguan kesehatan mental. Dan sebagai salah satu negara dengan tingkat depresi dan bunuh diri tertinggi di dunia, Korea Selatan mulai mengangkat isu kesehatan mental ke dalam industri hiburannya baik film atau drama.

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.