twitter  
Profil  

Jumat, 13 Maret 2020 | 11:08 wib
International Women's Day 2020 : Rasa Empati Kepada Sesama Satu Kunci Kesuksesan Seorang Wanita
 

International Women’s Day 2020 Minggu 8 Maret, dirayakan pada hari Sabtu 7 Maret 2020 di IDN Times Media Creative Lab, dengan berkumpulnya sekitar 20 wanita inspiratif di berbagai bidang. Mereka menceritakan perjuangan masing-masing dalam mewujudkan #EachForEqual atau #KitaSetara yang menjadi tema tahun ini. 

Acara dibuka oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. Dia mengingatkan wanita untuk terus menumbuhkan rasa empati kepada sekitarnya. Baginya, kesuksesan seorang wanita tidak akan bermakna jika tidak ada rasa empati kepada sesama. Risma juga mendorong para wanita agar tetap berusaha menggapai kesuksesan masing-masing. Walau jalan yang harus dilalui sangat berat, wanita harus terus berupaya tanpa kenal lelah jika ingin menggapai keinginan mereka.

 

"Jika kita tidak melewati jalan sulit itu, kita tidak akan memiliki pengalaman baru. Perempuan harus berani ambil sikap dan mau berjuang untuk bisa," kata Risma.

Selain Walikota Surabaya, acara juga dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur, Arumi Bachsin-Dardak. Arumi membagikan pendapatnya mengenai peranan perempuan Indonesia untuk mengurai permasalahan sosial yang ada di Indonesia. Arumi mengakui bahwa hal tersebut semula terasa asing baginya karena selama ini dia banyak bergelut di bidang entertainment. Namun lambat laun, dia pun makin mencintai profesi barunya tersebut. Malahan, dia merasa bahwa dengan menjadi Ketua Tim Penggerak PKK Jatim, dia memiliki kesempatan besar untuk memberdayakan perempuan, khususnya di wilayah Jatim.

Hadir sebagai inspirator, antara lain Risa Santoso, BA. M.Ed dari Institut Teknologi dan Bisnis Malang yang menjadi rektor termuda di Indonesia di usianya yang baru 27 tahun, Kathleen Azali - Founder C2O Library yang bekerja di bidang keamanan digital dan bicara tentang profesi-profesi yang distigmakan tidak dikuasai perempuan, Endri Kurniawati - editor Tempo.co yang juga sudah merilis beberapa memoir seputar hidup dengan kanker, Melyani Dwi Astuti - penulis yang pernah merampungkan 16 cerpen dalam sebulan serta Nita Darsono (Nitchi) - ilustrator yang mengajak kita menggunakan media visual untuk mencurahkan galau dan semua isi hati.   

 

Direktur utama PT. Petrokimia Kayaku Anis Ernani, Ir., M.T yang hadir untuk mendukung jalannya acara pun mengingatkan perempuan untuk jangan lebay, jangan baperan dan minta diistimewakan, tapi harus bisa connect and collaborate, serta jangan berhenti berpikir dan bergerak.

Nah untuk semua yang hadir ini nanti teman She, akan membentuk jejaring perempuan profesional lintas profesi. 

 

(Ella Su'ud)



Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.