twitter  
Profil  

Rabu, 08 Januari 2020 | 10:20 wib
Fashionable Life Goals di tahun 2020
 

Tahun 2020 ini merupakan tahun khusus dengan angka cantik, bermakna babak baru dalam perjalanan hidup, dimana berguna untuk mempunyai life goals yang menitik – beratkan pertumbuhan diri. Salah satu life goals yang teman She dapat mulai terapkan adalah tampil fashionable untuk diri sendiri, menumbuhkan self – love agar secara lahiriah dan batiniah supaya lebih bersuka cita meraih semua mimpi serta tujuan hidup. 

Untuk edisi tahun baru ini saya menampilkan beberapa karya mahasiswa Universitas Ciputra yang mendekorasi pakaian - pakaian mereka menjadi sebuah tampilan baru dan sesuai dengan karakter juga inspirasi masing - masing. Selain itu, mereka juga menceritakan latar belakang ide kreativitas akan karya – karya ini, juga ada tips dari Aksha, Cindy dan Giovanni untuk teman She memulai tahun 2020 dengan tampilan self – love. 

Menurut Aksha Soendoro inspirasi dekorasi pakaiannya dari suasana langit dimalam hari dan bertaburan bintang - bintang yang bersinar yang berkerlap – kerlip. Detil dekorasi menggunakan manik - manikjenis pasir, batang kecil, dan batang besar, menggunakan teknik jahitan tangan jelujur dan tikam jejak. Saran Aksha untuk padu– padan hasil kreasinya adalah dengan bawahan rok atau celana dengan potongan highwaist, karena atasan tersebut merupakan crop top, sesuai dengan varian warna apapun karena dekorasi yang dikreasikan netral dan mudah untuk dikenakan dengan warna – warna pucat maupun terang. Bagi Akhsa penting buat seseorang berpenampilan baik untuk kepentingan dirinya sendiri sebagai self - love, karena dengan hal tersebut maka akan menimbulkan kepercayaan dirinya sehingga mampu mencintai dirinya sendiri, selain itu pentingnya berpenampilan adalah cara kita mengekspresikan pribadi karakter dan mood yang kita miliki. Tips dari Akhsa untuk menjadi pribadi yang fashionable sebagai life goal anda di tahun 2020 ini, menurut saya, penting untuk memperhatikan dan mengikuti tren fashion yang ada, pakailah dan kenakan apa yang membuat anda merasa nyaman dan percaya diri ketika menggunakan baju atau aksesoris yang akan dipilih, karena hal tersebut dapat membuat anda lebih cantik dalam tampilan tersebut.

 

 

Untuk Cindy Aprilliana yang berhijab juga memilih tampil berbeda karena pakaian yang didekorasi adalah jas pria, dimana Cindy terinspirasi dari androgyny style. Cindy menggunakan tiga jenis dekorasi, yang pertama adalah bordir mesin dengan pilihan motif serangga kumbang, lalu diberikan detil manik – manik pada beberapa bordir kumbang tersebut  dan juga menabur manik – manik di beberapa bagian supaya terlihat berkesinambungan, yang terakhir menambahkan detil fabric manipulation dengan kain tile. Cindy menyarankan padu padan jas ini bisa casual look maupun formal look. jika ingin casual bisa dipadukan dengan celana jeans dan kaos, sedangkan jika ingin formal bisa sebagai outer untuk sebuah dress atau jumpsuit. Menurut Cindy penting tampil keren untuk diri sendiri, karena dengan berpenampilan baik itu menunjukkan karakter kita, melalui tampilan tersebut juga salah satu cara kita peduli terhadap diri sendiri untuk lebih ekspresif akan gaya yang kita pilih. Tips dari Cindy menjadi fashionable untuk life goal anda di tahun 2020 ini just be yourself. Setiap orang tentu memiliki karakter yang berbeda jangan berusaha menjadi orang lain tapi jadilah best version of yourself, dan perbanyak eksplorasi dengan pakaian yang sudah ada, banyak cara kreatif untuk melakukan styling pakaian agar tidak membosankan. 

 


 





Untuk Giovanni Lexandrosth dekorasi pakaiannya terinspirasi dari gaya casual chic yang asimetris. Baju yang dipilih Gio untuk didekorasi adalah kemeja panjang bergaris – garis, kemudian ditambahkan detil motif bordir mesin dengan tema space juga berbagai tulisan mengacu pada self – love. Selain itu kemeja ini ditambahkan detil dekorasi dengan manik – manik dan fabric manipulation berjenis ruffles yang dibuat dari kain tile hitam untuk memberikan aksen asimetris. Giovanni menambahkan bahwan memadu padankan kemeja yang telah didekorasi cukup mudah dapat menggunakan pilihan jenis bawahan yang simpel seperti celana denim atau celana chino atau bisa juga celana kulot.  Bagi Giovanni sangatlah penting bagi seseorang untuk berpenampilan menarik dan fashionable sebagai wujud self - love, karena penampilan juga merupakan salah satu tolok ukur penilaian atau kesan pertama orang lain terhadap kita, dengan berpenampilan  baik dapat menunjukkan seberapa kita mampu merawat dan menghargai diri kita sendiri, serta bisa menjadi inspirasi bagi orang lain untuk ikut mewujudkan self - love melalui fashion. Tips fashionable dari Giovanni sebagai life goal tahun 2020 adalah tetap menjadi diri sendiri, percaya diri dengan pilihan pakaian yang kita sukai, menjadikan fashion sebagai bagian wadah untuk mengekspresikan karakter unik kita masing-masing. 

 

Melihat karya dekorasi Melinda Caroline yang terinspirasi dari dewi bulan yang memancarkan pesonanya yaitu cahaya yang menyinari para makhluk dan bumi dari kegelapan sangat tersirat pada keanggunan tampilan pakaiannya. Detil yang digunakan pada pakaian tersebut adalah sebuah gambar wanita dengan mahkota dan bulan yang menandakan dewi bulan dengan buku yang sedang dipegangnya, lalu dengan adanya tambahan gambar lebah menandakan peduli dengan makhluk bumi, rambut coklat yang indah terurai menandakan kekuasaan, dan untuk menandakan kekuatan pencahayaan yang dimiliki ditambahkan manik – manik berkilauan. Melinda menggunakan rok panjang messy pleats yang polos untuk didekorasi sehingga mudah untuk meletakkan posisi desain gambar sulam tangan, lalu dikarenakan bagian rok hanya berwarna putih dan berlipit kecil – kecil tidak beraturansehingga Melinda menambahkan lipit - lipit pada bagian atas pakaian untuk memberikan kesatuan padu padan yang proporsional dan elegan. 

 

 

Tentang Janet Teowarang:

Janet Teowarang merupakan founder dan creative director brand fashion miliknya yaitu Allegra Jane, selain itu Janet juga menjadi dosen di Universitas Ciputra Surabaya. Janet meraih Australia Awards dari Pemerintah Australia di sektor Fashion dan Textile. Karyanya juga telah dipresentasikan di Indonesia Fashion Week, Mercedes Benz Asia Fashion Award dan mengikuti kompetisi Mango Fashion Award di Spanyol. 

Dokumentasi Foto milik pribadi (Aksha Soendoro, Cindy Aprilliana, Giovanni Lexandrosth dan Melinda Caroline)

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.