twitter  
Profil  

Rabu, 09 September 2020 | 10:40 wib
Variasi Masker Kain Dengan Fungsi dan Cara Pemakaiannya
 

Sejak pandemic berlangsung hingga kini kebutuhan masker meningkat tajam dimana pasokan masker medis sempat menjadi langka.

Banyaknya brand fashion, desainer diluar negeri dan Indonesia yang memilih memproduksi masker kain untuk disumbangkan bagi masyarakat membutuhkan, maupun memasarkan produk masker kain yang dijual agar dapat dipadupadankan dengan pakaian. Variasi masker kain juga terdapat berbagai macam jenis bahan dan desainnya. Namun masih banyak masyarakat belum mengetahui fungsi dan cara pemakaian masker kain yang tepat untuk mengikuti protokol kesehatan.

Awalnya masker kain diproduksi untuk mengatasi kelangkaan masker medis kemudian lambat laun menjadi suatu tren tersendiri yaitu menjadi fashion item wajib. Seperti yang dilansir oleh World Health Organization (WHO) bahwa masker kain dapat digunakan oleh masyarakat yang dengan kondisi tubuh sehat dan normal serta tetap menjaga jarak minimal 1,5 hingga 2 meter. Masker kain yang direkomendasikan wajib memiliki 3 lapis yaitu bagian depan, belakang dan dalam serta menggunakan kain mengandung hydrophilic untuk bagian belakang menyentuh wajah agar dapat menyerap keringat, bagian dalam kain mengandung polypropylene berfungsi sebagai filter, dan bagian depan kain mengandung hydrophobic berfungsi sebagai water repellent untuk menolak droplets. Hal yang juga penting untuk dipahami masker kain bukan sebagai pengganti masker medis karena berbeda kapasitas. Menariknya disitus web WHO juga terdapat cara menjahit, membuat masker kain yang baik dan benar. 

 

Untuk meningkatkan penampilan dalam berpakaian, masker kain dikembangkan dengan menggunakan desain motif menarik, tambahan embellishment seperti manik – manik, motif border buatan mesin atau tangan, bahkan dengan kain Indonesia yaitu Batik dan Tenun. Perlu diketahui bahwa pentingnya masker kain dicuci bersih dengan tangan dan sabun setiap hari, sebelum atau setelah dipakai untuk meluruhkan bakteri dan kotoran mengendap. Dengan demikian bila masker kain tersebut menggunakan tambahan embellishment, pastikan mudah untuk dibersihkan.Sebab masker kain yang fashionable juga wajib melindungi pemakai dengan baik dari percikan droplets maupun terjamin kebersihannya sebelum dipakai. Beberapa perusahaan juga membuat masker kain yang seragam dengan logo perusahaan yang di sablon atau berupa border buatan mesin. Jenis sablon dipilih juga sebaiknya yang berkualitas baik, mampu tahan lama dan tidak merusak partikel kain saat dicuci, demikian hasil logo dari border buatan mesin juga sebaiknya diberikan tambahan lapisan kain keras (fusible interfacing) yang non-woven untuk menutupi lubang dari hasil border tersebut. 

Untuk menghasilkan masker kain yang nyaman dipakai menutupi wajah kita sebaiknya diperlukan ukuran dan bentuk yang tepat. Selain itu desain masker kain mampu menutup bagian hidung, dagu dan area pipi dengan baik seperti yang dikreasikan oleh perusahaan desain kuliner dari San Fransisco, Aplat membuat masker kain unik terinspirasikan bentuk origami. Berbagai macam variasi masker kain yang diselaraskan dengan kebutuhannya dari scarf face mask, transparent fashion mask dibuat luxury brand Gucci yang dipakai oleh selebriti Billie Eilish sebagai fashion statement, hingga masker dari kain mengandung LED Fiber Optic. Pastikan teman She memilih masker kain yang aman dan nyaman untuk tampil keren namun tetap sesuai anjuran protokol kesehatan.

 

 

Untuk edisi selanjutnya, Fashion Notes masih akan membahas tentang masker kain bersama tiga narasumber dari industri fashion Indonesia dengan sudut pandang berbeda yaitu fashion desainer, tekstil desainer, fashion influencer yang juga seorang bridal designer.Sampai berjumpa diedisi berikutnya!

Tentang Janet Teowarang :

Janet Teowarang merupakan founder dan creative director brand fashion miliknya yaitu Allegra Jane, selain itu Janet juga menjadi dosen di Universitas Ciputra Surabaya. Janet meraih Australia Awards dari Pemerintah Australia disektor Fashion dan Textile. Karyanya juga telah dipresentasikan di Indonesia Fashion Week, Mercedes Benz Asia Fashion Award dan mengikuti kompetisi Mango Fashion Award di Spanyol.


Photo: 

1.Embellished Masks https://parentology.com/wp-content/uploads/2020/04/Masks-theblonds.jpg
2.Face mask size guide https://www.pacorogiene.com/face-masks/
3.Aplat Organic Cotton Face Mask https://www.forbes.com/sites/kristenphilipkoski/2020/04/12/30-fashion-brands-pivoting-to-make-stylish-coronavirus-masks/#343e415d1d69
4.LED Mask https://www.lightupmasks.com/products/fiberoptic-led-lighted-half-mask




Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.