twitter  
Profil  

Jumat, 20 November 2020 | 10:34 wib
Variasi Adiwarna dan Dominasi Motif Tartan Kostum Emily in Paris
 

Menyertai popularitas seri televisi Emily in Paris berbagai rangkaian tampilan kostum Emily Copper menjadi pusat perhatian bagi pecinta fashion. Padu padan yang dipakai Emily memang sangat chic dan fashionable terutama ditangan Patricia Field, desainer kostum legendaries dikenal dari seri televisi Sex and The City.Untuk mendukung tampilan Emily yang berasal dari Chicago dengan detil gaya Parisian, Patricia juga melibatkan Marylin Fitoussi kostum desainer Perancis. Menyusul musim pertama, Netflix juga baru saja mengumumkan akan segera hadir musim kedua Emily in Paris. 

Fashion Notes menelusuri setiap episode untuk memahami cirri khas gaya Emily Copper menandai perpaduan gaya berpakaian dari kedua negara kiblat fashion dunia yaitu Amerika dan Perancis. Mengamati dari beberapa tampilan Emily mengingatkan Fashion Notes pada film Clueless (1995) khususnya setelan blazer dan rok mini bermotif kotak tartan yang dipakai oleh Alicia Silverstone sebagai Cher dan temannya Stacy Dash sebagai Dionne. 

Tampilan dilengkapi dengan kaos kaki panjang berada diatas atau bawah lutut seperti layaknya sepatu boots tinggi dan sepatu loafers yang sangat trendi tahun 90an. Gaya setelan blazer dan rok mini bermotif kotak tartan (plaid) kini kembali di episode ketiga Emily in Paris dengan warna hitam dan putih, setelan tailored blazer dan celana pendek memberikan kesan segar dan modern dilengkapi topi beret merah. Selain itu tampilan motif kotak tartan (plaid) ini juga cukup mendominasi mayoritas episode Emily in Paris, dihadirkan dengan siluet lurus, variasi kerah, lapel pada luaran dikombinasikan lengan yang bervolume. 

 

Fashion Notes menandai beberapa fashion pieces dengan fokus voluminous sleeve seperti lengan raglan, puff, leg-o-mutton, banyaknya jaket dan coat bersiluet longgar, oversized, atasan dan dress off-shoulder sesuai dengan acuan tren fashion tahun ini. Trik padu padan berupa layering dihadirkan sesekali dengan kombinasi kemeja panjang, rok bawahan dan luaran pendek sebatas pinggang. Fokus kostum selain pada Emily Copper sebagai pemeran utama, namun jangan terlupakan beberapa kostum Mindy Chen adalah sahabat Emily juga menarik perhatian seperti atasan off – shoulder yang kerap kali dipakainya dan snake print motif double-breasted dress jacket dilengkapi dengan above-knee length boots bermotif serupa. 

 

 

 

 

 

Pilihan Fashion Notes untuk kostum Emily adalah item – item sebagai berikut: 

Episode 2: Black and white abstract motif bomber jacket, mix-print dress, long tassle bag, dan swirl motif hat
Episode 3: Setelan black and white tartan motif jacket dengan celana pendek, red beret cap, sling bag 
Episode 4: Emerald green metallic biker jacket dengan lengan raglan, mix - abstract motif skirt, mid-calf boots, sling bag
Episode 5: Colorful tartan motif oversized coat dengan bagian lapel yang lebar
Episode 6: Red houndstooth motif long coat, cardigan putih dengan garis detil dibagian depan, rok mini dan mid-thigh length boots; beaded green cardigan/sweater, beaded yoke dengan a-line mini skirt
Audrey Hepburn look : black off-shoulder mid-calf dress dengan hiasan rantai Kristal dikepala
Episode 7: Beaded turquoise cardigan dengan padu padan layering 
Episode 8: Long sleeve white ruffles shirt dengan red tartan motif wide shoulder cropped/short jacket (garispinggang) 
Episode 9:Embroidered long coat 
Episode 10: Sleeveless flower motif dress, short jacket (garispinggang) dengan polka dot motif organza berupa leg-o-mutton sleeve

Perlu diketahui teman She bahwa kostum –kostum ini memang tergolong ekslusif terutama dari beberapa luxury brand Perancis, dimana untuk mendapatkan fashion item serupa pastinya sulit dan mahal. Namun perputaran fashion selalu ada dan jangan kuatir teman She dapat bergaya ala Emily Cooper atau Mindy Chen dengan memadu padankan pakaian vintage yang dimiliki misalnya jika memiliki blazer atau jaket atau kemeja lengan panjang bermotifkan tartan (plaid) dapat dipakai kembali dikombinasikan kemeja panjang dan bawahan rok atau celana legging. Lalu tampilan ini dapat dilengkapi dengan mid-calf boots atau ankle boots dan sling bag bertali rantai. Hal lain yang dapat dilakukan teman She jika menginginkan atasan atau dress off-shoulder yaitu melakukan re-cycle pakaian dirumah berupa atasan pendek atau panjang berlengan dapat dibentuk bagian pundak dan bahu dipotong. Setelah itu dapat ditambahkan karet dan lipit – lipit dari potongan kain tersebut hingga menjadi atasan atau dress off-shoulder seperti yang dipakai Mindy Chen. 

 

Tentang Janet Teowarang:

Janet Teowarang merupakan founder dan creative director brand fashion miliknya yaitu Allegra Jane, selain itu Janet juga menjadi dosen di Universitas Ciputra Surabaya. Janet meraih Australia Awards dari Pemerintah Australia disektor Fashion dan Textile. Karyanya juga telah dipresentasikan di Indonesia Fashion Week, Mercedes Benz Asia Fashion Award dan mengikuti kompetisi Mango Fashion Award di Spanyol.

Referensi Photo:
1.https://www.lofficielusa.com/fashion/emily-in-paris-lily-collins-runway-fashion-netflix
2.https://shop.notorious-mag.com/new-dramedy-lily-collins-stars-on-netflix-emily-in-paris/
3.https://www.townandcountrymag.com/leisure/arts-and-culture/g33925873/emily-in-paris-best-costumes-patricia-field/
4.https://tomandlorenzo.com/2020/10/emily-in-paris-lily-collins-netflix-tv-reviews-costumes-fashion-patricia-field-part two/#.X7Sx1oWjPRo


Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.