twitter  
Profil  

Kamis, 10 Desember 2020 | 12:27 wib
Coba Aktivitas Ini Agar Bosan Tidak Mendekati Anak Selama di Rumah
 

Ketika anak-anak menghabiskan banyak waktu di rumah, banyak dari orang tua yang khawatir tidak mempunya kegiatan yang menyenangkan yang bisa menghapus rasa bosan buah hati. Memberikan anak gadget untuk bermain juga bukan solusi terbaik dan pada akhirnya orang tua memang harus berperan lebih aktif, untuk bisa menciptakan aktivitas seru bersama seluruh anggota keluarga. Kami coba berikan rekomendasi aktivitas seru untuk membangun waktu berkualitas bersama anak, sekaligus menghalau rasa jenuh.

1. Ajak anak membantu pekerjaan rumah

Sederhana, tapi melakukan pekerjaan rumah bersama bisa membangun bonding yang kuat antara anak dan orang tua. Selain itu, kegitan ini juga bisa melatih anak untuk hidup mandiri. Mulailah dari pekerjaan yang sederhana seperti mengelap meja setelah makan bersama, mencuci piring untuk anak-anak yang mulai beranjak remaja, menyapu dan mengepel, atau membersihkan halaman rumah. Biar seru, coba buat lomba membersihkan rumah atau menyetel lagu favorit.

2. Mengatur ruangan di dalam rumah

Sudah lama tidak mengubah layout ruangan di rumah, mungkin ini saat yang tepat untuk menciptakan suasana baru. Mulailah dari ruang keluarga, tempat seluruh anggota keluarga berkumpul. Ajak anak untuk menata kembali ruang keluarga dan bebaskan dia untuk memberikan ‘sentuhannya’ di ruang keluarga. Jangan lupa untuk memberikan pujian jika dia melakukan hal yang baik. 

3. Memasak hidangan mudah dan sehat

Di tengah virus Corona yang mengancam kesehatan, salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan ketahanan tubuh adalah dengan makan makanan sehat. Nah, salah satu cara untuk mendapatkan makanan sehat adalah dengan memasaknya sendiri di rumah. Coba ajak anak ikut memasak hidangan sehat di rumah. Pilihlah menu makanan yang mudah dibuat bersama, seperti salad dan jus. Kalau si kecil memang sudah terbiasa ke dapur, boleh cobalah memasak aneka hidangan kue dengan topping yang menggemaskan.

4. Buat kerajinan atau DIY unik

Sekarang ini ada banyak tutorial yang teman She temui di dunia maya yang merangsang kreativitas anak. Seperti belajar menggambar, membuat prakarya dari barang bekas, hingga DIY (Do It Yourself) pernak-pernik lucu. Ajak anak menemukan project favoritnya dan bantu dia mewujudkannya. Sambil bermain, anak juga dirangsang untuk punya tanggung jawab menyelesaikan pekerjaan dan mendorong kreativitas.

5. Buat sesi curhat

Tidak hanya orang dewasa, anak juga butuh curhat. Dengan siapa lagi dia bisa curhat kalau bukan orang tua? Di tengah-tengah berkurangnya aktivitas anak, luangkan waktu untuk ngobrol dari hati ke hati. Beri waktu pada anak untuk meluangkan uneg-uneg yang dia simpan selama ini, entah itu soal teman, sekolah, guru, atau mungkin saudaranya sendiri. Waktu mengobrol empat mata ini akan menjadi sesi menyenangkan untuk orang tua dan anak.


Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.