twitter  
Profil  

Senin, 16 Maret 2020 | 11:36 wib
Ngobrol Covid19 Bersama RKZ
 

Dr Santoso Spesialis Paru yang merupakan salah satu narasumber sosialisasi Covid-19 RKZ Surabaya (12/03/2020), memberi tips yang diakronimkan WUHAN, merujuk pada nama kota tempat pertama infeksi virus ini terjadi. Yaitu W-Wash your hand often, U-Use masks properly, H-Have your temperature checked daily for fever, A-Avoid large crowds, N-Never touch your face with unwashed hands. Dr. Santoso juga mengingatkan bahwa rempah-rempah tidak bisa membunuh virus, namun hanya untuk menjaga kebugaran tubuh agar tidak mudah sakit.

Selain mengonsumsi makan sehat dengan gizi seimbang, narasumber lain yaitu ahli gizi Enny Kuswinarti mengingatkan untuk membiasakan membaca label pada kemasan pangan dan melakukan aktivitas fisik yang cukup untuk menjaga berat badan tetap stabil. 

Yang tidak kalah penting dalam pencegahan Coronavirus adalah mencuci tangan sesering mungkin.Sesuai standard WHO, ada dua cara, yaitu handrub atau mencuci tangan dengan larutan antiseptik berbasis alkohol 70% selama 20-30 detik. Tapi antiseptik berbahan alkohol ini jika terlalu sering digunakan, justru dapat menyebabkan kulit tangan menjadi kering. Kulit yang kering lebih beresiko terkelupas dan menimbulkan infeksi. Sehingga sebaiknya kita mencuci tangan dengan cara kedua, yaitu handwash, dengan sabun dan air bersih yang mengalir, selama sekitar 40-60 detik.  

Ni Putu Nugraheni H., S.Kep dan Ni Gusti Suryani, Amd.Kep dari Tim Komite PPI RKZ juga mengajarkan gerakan cuci tangan sambil menyanyi, seperti yang sekarang sedang viral. Gerakan ini mencakup membersihkan telapak dan punggung bagian tangan, jemari dan sela-selanya, hingga ujung kuku tangan yang rentan menjadi tempat bersarangnya kuman-kuman. Dan jika harus dilap, sebaiknya memakai hand-towel, bukan tissue biasa yang lekas menyerap air dan mudah hancur. Hand-towel ini digunakan juga untuk menutup keran air, dan memegang handle pintu, yang sering disentuh banyak orang. 

Harus diperhatikan juga kapan kita harus mencuci tangan, mengingat yang sering luput dari perhatian adalah, setelah kita mengetik di keyboard komputer, memegang uang, dan memegang hewan peliharaan.

Dan untuk mencegah penyebaran infeksi dari sumbernya, yaitu saluran pernafasan, perhatikan etika batuk dan bersin. Tutup hidung dan mulut saat batuk dan bersin dengan menggunakan lengan bagian dalam, segera buang tissue yang sudah digunakan pada tempatnya, jaga kebersihan tangan dan pakai masker dengan benar sesuai kebutuhan.  

Dari semua paparan tentang Coronavirus, sejarah sampai perkembangan terakhir data positif Corona dan jumlah pasien meninggal, semua berujung pada bagaimana menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta menjaga stamina tubuh agar tetap kuat, sehat, dan tidak mudah terserang virus. 
 
(Ella Su'ud)



Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.