twitter  
Profil  

Kamis, 26 Maret 2020 | 11:47 wib
Sayangi Tubuh Kita dengan Tidak Memanaskan Lagi Beberapa Makanan Berikut
 

Karena alasan kepraktisan, hemat waktu dan merasa sayang membuang sisa makanan yang tersisa, banyak orang memilih menghangatkan menu semalam dibanding menyiapkan menu yang fresh. Padahal, penelitian sudah membuktikan bahwa tidak semua bahan makanan aman untuk dihangatkan dan dikonsumsi kembali karena alasan kesehatan. Bukannya bergizi, bisa-bisa makanan yang akan kita makan justru berbahaya bagi tubuh. 

Lalu, apa saja bahan makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan lagi? 

1. Bayam

Sayuran ini kaya akan zat besi yang disebut Fe2+ atau ferro yang bermanfaat untuk tubuh. Namun, bila terlalu lama terpapar oksigen, zat Fe2+ tersebut akan berubah menjadi Fe3+ atau ferri yang bersifat racun. Karena itu disarankan untuk langsung menghabiskan bayam yang telah diolah dan kalau ada sisa sebaiknya dibuang saja dan jangan dihangatkan kembali. 

2. Kentang

Bila kentang yang sudah dimasak dihangatkan lagi lalu dibiarkan mendingin sebelum dinikmati, hal itu akan mengakibatkan tumbuhnya bakteri bernama C. botulinum yang umum ditemukan pada kentang. Jika teman She menikmati kentang yang sudah tercemar bakteri itu, maka bisa mengidap penyakit botulism yang gejalanya adalah tubuh terasa lemah, pandangan kabur, dan sulit bicara.

3. Makanan Bersantan

Makanan bersantan memang menggugah selera, namun bila dipanaskan kembali, lemak baik yang terdapat di dalamnya akan berubah menjadi lemak jahat yang dapat memicu meningkatnya kadar kolesterol di tubuh kita. 

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.