twitter  
Profil  

Senin, 01 Juni 2020 | 08:30 wib
Ingin Memperbaiki Postur Tubuh? Coba Pilates
 

Apa itu olahraga pilates?

Pilates adalah olahraga yang berfokus pada keseimbangan, penguatan postur tubuh, fleksibilitas, pemusatan konsentrasi dan pikiran serta pengaturan pernapasan. Dengan kata lain, latihan pilates sangat efektif untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. 

Manfaatnya? 

1. Menguatkan Otot Inti Tubuh
Pilates adalah latihan yang ditujukan untuk menguatkan otot inti tubuh mulai dari otot dada bawah, perut, punggung, hingga otot di sekitar panggul. Otot inti ini diperlukan dalam hampir setiap gerakan tubuh manusia. Otot inti yang tidak fleksibel atau lemah dapat mengganggu fungsi gerak tubuh. 

2. Menajamkan Fokus
Pilates membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi, terutama karena latihan ini memerlukan perhatian yang lebih untuk menghubungkan fokus pikiran dengan gerakan tubuh dan pengaturan napas. Sebuah penelitian di Tiongkok menemukan bahwa pilates membantu meningkatkan fungsi kognitif otak yang berhubungan dengan kinerja memori serta fungsi kognitif lainnya.

3. Membentuk Postur Tubuh
Latihan pilates juga membantu otot inti tubuh menstabilkan koordinasi tubuh, sehingga perlahan-lahan akan membentuk dan menjaga postur tubuh menjadi lebih baik. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cherie Wells, seorang pengajar senior di terapi fisik Griffith University, Australia, manfaat yang diadapatkan oleh otot inti tubuh itu bisa memperbaiki poster tubuh serta mengontrol gerakan tubuh menjadi lebih luwes.

4. Meningkatkan Kualitas Seks
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal US National Library of Medicine National Institutes of Health, selain berfungsi untuk menjaga kesehatan mental dan otot tubuh, latihan rutin pilates selama 12 minggu juga dapat meningkatkan fungsi seksual wanita yaitu lebih cepat mencapai orgasme. Sebagaimana diketahui, latihan pilates berfokus pada penguatan otot pinggul yang membuat area Miss Cheerful kita semakin kencang dan berpotensi menambah keintiman saat bercinta. 


Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.