twitter  
Profil  

Senin, 07 September 2020 | 12:35 wib
Munculnya Kondisi Mata Kering dan Iritasi Saat Menggunakan Masker
 

Belum lama ini, temuan dalam jurnal Ophthalmology and Therapy menyebut pemakaian masker teratur berhubungan dengan munculnya kondisi mata kering dan iritasi.

Para peneliti dari University of Utah melalui laporan itu mencatat keluhan ini muncul pada para pasien klinik yang sebelumnya tidak pernah mengalami mata kering.

Mata kering yakni kondisi yang terjadi ketika jumlah atau kualitas air mata kita tidak mencukupi. Kondisi ini dapat terjadi jika ada masalah dengan salah satu komponen selaput air mata. Gejala mata kering antara lain rasa gatal seperti ada sesuatu di mata, ada sensasi rasa terbakar di mata, mata merah, sensitivitas terhadap cahaya dan penglihatan kabur. Kondisi ini dapat disebabkan berbagai hal, termasuk konsumsi obat tertentu, menjalani operasi mata laser, terpapar lingkungan berangin, berasap, atau kering, dan terlalu lama melihat layar.

Penyebab pasti mata kering saat menggunakan masker belum dipelajari, namun ada beberapa teori, salah satunya mata kering akibat pemakaian masker karena adanya masalah aliran udara.

Saat kita mengeluarkan napas dan masker tidak terlalu kencang, udara dapat mengalir ke atas dan melintasi permukaan mata kita, lalu mendorong penguapan dan pada akhirnya bisa mengeringkan mata (ini seperti udara dari AC yang bertiup langsung ke bola mata, kita dapat mengeringkannya).

Penggunaan masker yang tidak tepat juga dapat mengganggu kemampuan kelopak mata untuk melakukan tugasnya.

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.