twitter  
Profil  

Kamis, 17 September 2020 | 10:07 wib
Meredakan Stres dan Kecemasan Lewat Alam
 

Alam, menawarkan kesempatan yang tidak terhitung banyaknya untuk beristirahat dari pikiran yang bermasalah. Dengan melalui beberapa cara, kita bisa mendapatkan manfaat sederhana nan menakjubkan berkat anugerah alam yang bertujuan untuk meredakan kekhawatiran manusia. Dari Your Tango, ini dia cara alam menenangkan saraf dan kecemasan kita.  

1. Alam melibatkan indra

Temukan tempat alam teman She, tempat di mana dapat menikmati alam sekitar, baik itu sebatang pohon, daun, sekuntum bunga yang tumbuh dari celah di trotoar, sehelai rumput. Libatkan semua indra. Biarkan penglihatan melembut saat kita mengambil bentuk pohon, warna daun, cahaya yang memantul dari bunga, atau tekstur embun pada helai rumput. Kemudian, sambil tetap mengambil gambar, dengarkan suara di sekitarnya, dengan fokus pada apa yang menurut kita menyenangkan. Lihat seberapa banyak indra yang dapat kita libatkan dalam proses itu dengan melibatkan sentuhan, rasa, dan penciuman kalau memungkinkan. Jika teman She melakukan ini setiap hari, kita mungkin menemukan kegembiraan yang ditimbulkannya secara alami melembutkan kekhawatiran, bahkan untuk sesaat.

2. Menemukan pengalaman alam yang menyenangkan 

Kehadiran penuh perhatian membantu kita memperlambat dan mengendurkan sistem saraf, menenangkan kecemasan dan stres. Kita bisa menggunakan kehadiran yang penuh perhatian di alam untuk mendapatkan kebaikan ganda.Temukan pengalaman yang menyenangkan di alam, yang memberi Anda kegembiraan. Bisa berupa pemandangan kupu-kupu yang terbang, cabang yang bergerak tertiup angin, bentuk awan, atau suara kicau burung. Jadikanlah sebagai praktik harian untuk berhenti dan luangkan waktu 20 detik untuk menyerap pengalaman. Seiring waktu, kita mungkin memperhatikan bahwa latihan harian 20 detik jeda alam sadar dan disengaja dapat berdampak kuat pada perspektif dan kesejahteraan kita.

3. Grounding

Jika teman She pernah menenggelamkan kaki di pasir di pantai atau berjalan di atas rumput dengan melepas sepatu di taman, maka tahu perasaan nikmat yang bisa didapatkan saat kaki melakukan kontak dengan bumi. Menyentuh kaki telanjang ke tanah secara harfiah dikenal sebagai "grounding". Membumikan dapat memiliki manfaat yang tidak terhitung banyaknya mulai dari menenangkan sistem saraf, meningkatkan rasa nyaman, pengurangan hormon stres kortisol, menghasilkan tidur yang lebih baik, suasana hati yang lebih baik, dan pengurangan kecemasan, stres, depresi.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.