twitter  
Profil  

Selasa, 03 November 2020 | 10:47 wib
Nutrisi Penting untuk Kesehatan Wanita
 

Wanita dikenal karena keterampilan multitasking mereka sehingga sangat penting untuk menjaga makanan yang dipilih. Dan faktanya adalah ketika seorang wanita makan sehat, maka seluruh keluarganya makan sehat dan tetap sehat. Tapi tidak hanya perkara makan sehat, melainkan ada beberapa nutrisi yang perlu ditambahkan secara sadar ke dalam makanan agar penyakit tertentu dapat dihindari di kemudian hari. Dari laman Boldsky, ini dia beberapa nutrisi dan sumber makanan yang perlu ditambahkan setiap hari dalam makanan kita.

1. Kalsium & Vitamin D
Kalsium dan Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang dan untuk mencegah hilangnya kepadatan tulang seiring bertambahnya usia. Sumber makanan yang mengandung kalsium, yaitu semua produk susu, biji wijen, almond, sayuran berdaun hijau, dan makanan laut. Sedangkan vitamin D, yaitu dengan kulit terpapar sinar matahari setidaknya 30 menit sepanjang minggu, makanan olahan susu dan makanan non-vegetarian. 

2. Zat Besi
Kadar zat besi yang cukup dalam tubuh memastikan bahwa suplai oksigen ke organ-organ cukup untuk berfungsi dengan baik. Sumber makanan zat besi, di antaranya sayuran berdaun hijau, buah-buahan, millet seperti finger millet dan rajgira serta biji selada taman. Yang terbaik adalah menggabungkan makanan kaya zat besi dengan sumber vit C seperti lemon, amla, buah jeruk untuk meningkatkan penyerapan zat besi.

3. Protein
Penting karena protein membentuk kolagen yang memiliki kekuatan regangan yang tinggi dan merupakan komponen utama dari fasia, tulang rawan, ligamen, tendon, tulang, dan kulit. Sumber makanan protein misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, telur, produk susu, setidaknya lima lentil berbeda dalam satu minggu. 

4. Asam lemak omega 3
Nutrisi ini membantu melawan peradangan dalam tubuh, melindungi dari penyakit autoimun, memperbaiki gangguan mental dan menjaga kesehatan jantung. Sumber makanan asam lemak omega 3 seperti ikan, chia, rami dan biji rami, kenari, rumput laut, alga, dan minyak tertentu.

5. Vitamin B12
Karena tubuh kita tidak membuat vitamin ini sehingga untuk mendapatkan vitamin ini kita bisa mengkonsumsi produk hewani, makanan olahan susu, makanan fermentasi sebagai acar, asinan kubis, sayuran air garam yang difermentasi, yoghurt. Kekurangan vitamin B12 cukup umum dan dapat menyebabkan anemia, membuat merasa lelah dan lesu serta depresi.

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.