twitter  
Profil  

Jumat, 21 Agustus 2020 | 10:38 wib
Ikan Kembung, Si Sederhana yang Kaya Omega 3
 

Ikan salmon diketahui bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung, fungsi kerja otak, menurunkan risiko diabetes, kaya akan Omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun sayang harganya yang sangat mahal membuat banyak orang tidak bisa mengonsumsinya.

Tapi tenang teman She, walau kita saat ini memang disarankan berhemat, bukan berarti kita nggak bisa makan bergizi karena selain ikan salmon ternyata ada ikan yang lebih mudah kita temukan di pasar dan jauh lebih murah dari ikan salmon, dengan kandungan gizi yang tidak kalah dari ikan salmon. 

Adapun yang dimaksud adalah ikan tuna, ikan sarden, ikan makarel, haring, trout hingga ikan kembung. Khusus ikan kembung, di Indonesia ada tiga jenis ikan kembung yang mudah ditemukan yaitu ikan kembung perempuan, ikan kembung biasa dan ikan kembung lelaki. 

Menurut Ahli Gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Diah M. Utari, ikan kembung mengandung 2,6 gram omega-3. Kandungan omega-3 pada ikan kembung itu lebih banyak jika dibandingkan ikan salmon, yang mengandung 1,4 gram omega-3. Dari segi lemak tak jenuh omega-9 dan omega-3, kandungan ikan kembung juga lebih baik. Asam lemak omega-3 dan omega-9 merupakan lemak baik yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, serta bisa menurunkan risiko berbagai penyakit jantung dan peredaran darah (penyakit kardiovaskular). 

Asam lemak omega-3 membantu menjaga penyakit kardiovaskular dengan cara menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan aliran darah, mencegah penggumpalan darah, menurunkan tekanan darah dan menjaga detak jantung tetap stabil. Diah juga menjelaskan bahwa ikan kembung mengandung vitamin A dan vitamin D. Kabar baiknya pula, ikan kembung juga bisa menjadi salah satu jenis ikan yang bisa diberikan pada balita hingga orang lanjut usia. Yeay! 
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.