twitter  
Profil  

Jumat, 19 Februari 2021 | 10:46 wib
Olahraga Makin Asyik? Coba Sambil Dengarkan Musik Klasik
 

Bagi sebagian besar orang, musik telah menjadi bagian yang amat penting di setiap rutinitas, tak terkecuali ketika berolahraga. Dengan mendengarkan musik biasanya akan merasa lebih semangat dan mendapatkan energi. 

Menurut Costas Karageorghis, Psikolog Olahraga dan Kesehatan, Brunel University London, Inggris, mendengarkan musik saat berolahraga umumnya akan memberikan efek disosiatif, artinya musik dapat membantu mengalihkan pikiran dari gejala internal yang berhubungan dengan kelelahan. Meskipun musik tidak dapat mengurangi persepsi pengerahan tenaga pada intensitas kerja, akan tetapi musik dapat memengaruhi suatu area pada otak yang terkait dengan suasana hati.

"Jadi karya yang indah secara estetika seperti 'William Tell Overture : Final' tidak akan memengaruhi apa yang kita rasakan saat paru-paru 'terbakar' di atas treadmill, tetapi mungkin akan memengaruhi perasaan. Intinya, musik yang menyenangkan bisa mewarnai interpretasi seseorang tentang kelelahan dan meningkatkan pengalaman berolahraga," katanya, seperti dilansir dari Independent, Kamis, (18/2). 

Namun, Karageorghis juga menjelaskan pengaruh musik tidak hanya berhenti pada perasaan dan persepsi saja. Musik dapat memberikan efek 'ergogenik' atau meningkatkan intensitas kerja. 

Merujuk penelitian psikolog Maria Rendi, Karageorghis menjelaskan tempo lambat dan cepat dalam pemutaran 'Beethoven's Symphony No 7 in A mayor (op 92)' rupanya telah memengaruhi performa pelari cepat (sprint). "Beberapa anggota tim kami juga sering mendengarkan musik klasik dalam rutinitas berlari sehari-hari. Kami menemukan musik klasik rupanya telah menyalakan imajinasi dan umumnya menambah pengalaman berlari, terutama bila dinikmati bersama lanskap yang menginspirasi.”

Karageorghis menambahkan musik klasik barangkali akan memberikan efek yang lebih kuat jika didengarkan tepat sebelum atau setelah berolahraga.  Sebelum olahraga music klasik berfungsi untuk membangun energi, membangkitkan citra positif dan menginspirasi gerakan. Untuk aplikasi pasca olahraga, musik klasik akan menjadi penenang dan merevitalisasi atau mempercepat proses kembalinya tubuh dalam keadaan istirahat. 


Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.