twitter  
Profil  

Kamis, 14 Januari 2021 | 11:28 wib
Pilihan Fashion Yang Wearable Dari Kostum Bridgerton
 

Melihat film atau serial televisi dengan latar belakang kisah historis membuat kita terpukau akan tampilan kostum dari jajaran sejarah fashion dunia. Namun tahukah teman She bahwa kostum – kostum bersejarah tersebut juga dapat diadaptasi untuk pakaian sehari –hari dan formal? Kita dapat mengambil detil penting, siluet maupun warna untuk dituangkan ke pengembangan desain modern yang memiliki daya pakai. 

Serial Bridgerton yang diproduksi dan dilansir oleh Netflix 25 Desember 2020 lalu adalah adaptasi dari novel karya Julia Quinn. Serial ini menceritakan latar belakang era Regency di kota London, Inggris dimulai pada tahun 1813 dimana merupakan periode Empire (1804 – 1815) bila melihat dikronologi sejarah fashion. Masa serupa sempat dipopulerkan di tahun 90an lalu 2000an melalui film diadaptasi dari karya novelis Inggris, Jane Austen yaitu Sense and Sensibility (1995), Emma (1996 dan 2020), Pride and Prejudice (2005) dan masih banyak lainnya. Periode Empire adalah masa dimana kostum para perempuan dijustifikasi dari kostum jaman Yunani Klasik dikembangkan dengan perubahan besar penggunaan korset yang lebih nyaman, garis empire (potongan dibawah dada), variasi kerah tinggi atau bentuk leher rendah dan variasi lengan pendek bervolume dikombinasikan dengan lengan panjang. 

 

Menurut Ellen Mirojnick, costume designer Bridgerton “Interpretasi tahun 1813 ini perlu menjadi gambaran tentang bagaimana kita dapat menambahkan elemen modern kedalamnya. Kami membuatnya lebih mewah dan kami telah memperkenalkan palet warna modern, tetapi benar-benar mencoba untuk tetap berpegang pada fondasi dasar siluet tahun 1813. ”

 

Fashion key pieces untuk kostum perempuan di Bridgerton adalah gaun panjang dengan potongan garis empire, berlengan panjang atau pendek berupa puff sleeve untuk pilihan formal menggunakan tekstil polos bernuansa pastel, dengan motif sulam tangan atau hand made flowers dan beading embellishment dari manik – manik. Selain itu outerwear berkerah tinggi, variasi dengan panjang kerap digunakan sebagai luaran Ellen menyajikan kostum – kostum ini menjadi karya high fashion (adi busana) dibuat khusus untuk Bridgerton demikian pula dengan aksesoris maupun jewelry yang dipakai para pemain. Kostum laki –laki juga diberikan perhatian besar untuk detil kerah, scarf/ neckcloth, hingga adanya detil ruffles di kemeja, potongan bagian belakang bervolume dengan belahan pada overcoat. Terlihat di episode – episode Bridgerton bahwa masih terdapat pengaruh dari jaman Neo klasik dan Revolusi Perancis di abad 18 akhir khususnya pada Ratu Charlotte dan formal court dress perempuan juga laki – laki yang hadir di area kerajaan. Hal yang membuat Fashion Notes terkesan total keseluruhan kostum hampir berjumlah 7,500 pieces dengan pengerjaannya hanya selama lima bulan khusus dibuat untuk serial ini. 

 

 

Jika teman She ingin menuangkan detil dari Bridgerton kepakaian anda pentingnya memperhatikan potongan garis empire karena tidak semua perempuan cocok menggunakannya terutama bisa cukup ‘tricky’ untuk bentuk tubuh O, Apple maupun Inverted Triangle (segitiga terbalik). Selain itu pemakaian puff sleeve juga perlu dikombinasikan dengan penambahan long cuff atau lengan panjang lurus atau flare, yang terpenting wajib dihindari lengan pendek jatuh dibagian terbesar lengan yaitu bicep agar lengan terlihat lebih ramping. Detil yang lain adalah hand made flowers dan beading embellishments cantik berwarna terang seperti pada kostum keluarga Fetherington dapat menginspirasi teman She untuk gaun malam maupun gaun sederhana sehari – hari menggunakan fokus detil tersebut di area tertentu misal dikerah atau hem gaun. Inspirasi juga bisa diambil dari outerwear perempuan dibagian kerah lalu vest dan overcoat dari kostum laki – laki.

 

 

 

 

Tentang Janet Teowarang:

Janet Teowarang merupakan founder dan creative director brand fashion miliknya yaitu Allegra Jane, selain itu Janet juga menjadi dosen di Universitas Ciputra Surabaya. Janet meraih Australia Awards dari Pemerintah Australia di sektor Fashion dan Textile.Karyanya juga telah dipresentasikan di Indonesia Fashion Week, Mercedes Benz Asia Fashion Award dan mengikuti kompetisi Mango Fashion Award di Spanyol.

Referensi Photo:
1. https://www.tatler.com/article/bridgerton-costumes
2. https://www.purewow.com/news/bridgerton-costumes-netflix
3. https://www.glamour.com/story/bridgerton-on-netflix-behind-the-scenes
4. https://www.insider.com/bridgerton-season-1-cast-character-guide
5. https://www.dhgate.com/online-shopping/slimming-empire-waist-dress-online.html#seo=WAP
6. https://www.fashionfoiegras.com/2021/01/29-bridgerton-inspired-dresses-to-channel-your-inner-duchess.html
7. https://www.popsugar.co.uk/fashion/photo-gallery/46023656/image/46023648/Batsheva-Empire-Dress
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.