twitter  
Profil  

Rabu, 10 Februari 2021 | 11:11 wib
DIY Aksesoris Fashion Yang Aplikatif Untuk Tahun Baru Imlek
 

Terinspirasi dari viralnya Louis Vuitton Inflatable Gilet (Vest) di Cina, masyarakat disana banyak berkreasi DIY Inflatable Vest terbuat dari bungkus potato chips snack, air cushions untuk packaging bahkan lengkap dengan logo monogram yang digambar dengan pen. Berawal dari fashion show Louis Vuitton Men’s Wear musim Spring – Summer 2021 digelar di kota Shanghai, inflatable vest tersebut dikreasikan oleh Louis Vuitton Creative Director Virgil Abloh menuai reaksi masyarakat Cina karena keunikan vest ini sehingga mereka mencoba membuat sendiri berbagai versi. Hal ini memberikan inspirasi Fashion Notes mengingat sebentar lagi kita akan memasuki Tahun Baru Imlek maka dengan teknik DIY boleh menjadi pilihan Teman She membuat aksesoris fashion keren. 


 

Pilihan aksesoris fashion dari Fashion Notes ini aplikatif, menggunakan bahan – bahan tidak mahal dan mudah didapatkanya itu seperti painted wooden bead necklace, pearl collar necklace, French Pouf untuk hiasan rambut dari kain chiffon dan tulle (tile), rope only/ rope and chain necklace, leather envelope clutch, headband dengan campuran batu, Kristal dan mutiara. 

 

Untuk painted wooden bead necklace menggunakan bola – bola berbahan dasar kayu dengan atau tanpa lubang bisa dibeli di toko – toko online. Ukuran bola – bola kayu juga bervariasi dan dapat digunakan untuk membuat aksesoris lainnya seperti gelang tangan atau kaki dengan bola kayu berukuran lebih kecil.Melukis warna – warna pada bola – bola kayu tersebut menggunakan cat akrilik, teman She bisa menentukan sendiri ingin warna pastel,kombinasi warna primer dan sekunder atau sesuai keperluan untuk terlihat lebih festive dan elegan misalnya warna merah metalik, ungu metalik, juga gradasi two-tone. Sebelum mengecat bola kayu tersebut gunakanlah masking tape (paper tape) untuk membentuk garis atau area yang ingin ditutup sehingga hasil cat warna tampak rapi.

 

Membuat pearl collar necklace bisa menggunakan variasi mutiara dengan berbagai warna, ukuran atau hanya satu jenis dan warna mutiara. Mutiara yang dipakai menjadi pilihan teman She karena terdapat beberapa kualitas mutiara dari bermerek hingga biasa.Untuk mengatur dan meletakkan mutiara – mutiara ini disarankan menggunakan pinset dan tusuk gigi agar lebih tertata rapi. Lem yang dapat digunakan adalah jenis UHU Contact Liquid, E6000 Craft semuanya tersedia di toko – toko online Indonesia.Bahan dasar untuk ditempelkan mutiara – mutiara tersebut dapat dipilih dari kain katun, kain renda dan lainnya, namun jika menempatkan mutiara dikain renda lebih baik mutiara tersebut dapat dijahit tangan satu – satu karena kain berstruktur juga tidak rata maka memudahkan mutiara tersebut mudah terlepas dikarenakan tidak tertempel dengan baik. 

 

 

Untuk French Pouf sebagai hiasan rambut juga hanya diperlukan kain perca chiffon dan tulle (tile) dibentuk satu lingkaran penuh dengan diameter variatif dan dijahit setiap lembarannya dengan tangan. Membentuk dan merapikan lembaran kain – kain ini diperlukan kreatifitas individu jadi hasilnya akan artistic mengikuti keinginan si pembuat. Teman She dapat memadukan warna, jenis kain chiffon untuk menghasilkan French Pouf yang unik.Bagian bawah dapat dijahit karet rambut dengan warna senada atau alternative lainnya bisa memakai jepit kecil atau besar (menyesuaikan ukuran French Pouf) untuk dipakaikan ke rambut.

 

Leather envelope clutch dapat menjadi opsi teman She jika sedang berpergian dalam jangka waktu pendek dengan tidak membawa banyak barang namun dapat memuat barang – barang penting seperti tissue basah kecil, tissue kering kecil, hand sanitizer kecil, dompet dan HP. Pembuatannya cukup mudah dengan opsi menggunakan kulit imitasi atau asli.Perlengkapan yang wajib disiapkan adalah cutter mat, round cutter untuk memotong kulit agar lebih rapi, disarankan jangan menggunakan gunting karena kurang presisi, lem spray, sisa kain bermotif untuk lapisan dalam (lining), kain keras (interfacing), pemberat ukuran kecil dan magnetic snap closure. Sebelumnya teman She membuat cetakan pola envelope clutch terlebih dahulu dari karton tebal atau plastic tebal agar dapat ditransfer dibahan kulit imitasi atau asli dengan pensil.Setelah itu kulit dapat dipotong mengikuti bentuknya menggunakan round cutter dan cutter mat, demikian pula dengan kain lapisan dalamnya dapat digunting mengikuti cetakan tersebut.Kain lapisan dalam diberikan kain keras yang disetrika lalu ditempel ke bahan kulit menggunakan lem spray juga tersedia di toko –toko online Indonesia. Sesudah direkatkan bagian seperti amplop memakai alat pemberat ukuran kecil untuk menekan bagian –bagian yang telah ditempelkan, terakhir merekatkan magnetic snap closure dibagian atas ujung penutup amplop dan bagian tengah clutch. 


DIY aksesoris berikutnya adalah headband yang tidak lekang waktu terutama jika diberikan berbagai hiasan cantik.Untuk aksesoris ini teman She memerlukan black velvet headband yang sudah jadi, variasi bunga kecil dari keramik untuk hiasan, mutiara, kristal, batu – batu seperti rhinestones, lem UHU Contact Liquid atau E6000 Craft, pinset dan tusuk gigi. Sama seperti pearl collar necklace, mengatur dan meletakkan hiasan di atas headband sebaiknya menggunakan pinset dan tusuk gigi memudahkan pengaturan juga penempelan.

 

Semoga beberapa pilihan aksesoris fashion ini bisa menggali kreatifitas dan mengisi waktu teman She terutama saat periode PPKM, selain itu juga menjadi fashionable ketika merayakan Tahun Baru Imlek walau hanya di rumah saja. 

Tentang Janet Teowarang:

Janet Teowarang merupakan founder dan creative director brand fashion miliknya yaitu Allegra Jane, selain itu Janet juga menjadi dosen di Universitas Ciputra Surabaya. Janet meraih Australia Awards dari Pemerintah Australia di sektor Fashion dan Textile.Karyanya juga telah dipresentasikan di Indonesia Fashion Week, Mercedes Benz Asia Fashion Award dan mengikuti kompetisi Mango Fashion Award di Spanyol.

Referensi Photo:
1.https://id.pinterest.com/pin/495958977686160495/
2.https://id.pinterest.com/pin/348395721145544216/
3.https://www.stylemotivation.com/19-great-ideas-for-diy-creative-fashion-accessories/
4.https://id.pinterest.com/pin/81275968246041029/
5.http://www.howtoinstructions.org/how-to-make-fabulous-diy-dolce-gabbana-tiara-headband-step-by-step-tutorial-instructions/
6.https://www.mydiyandcrafts.com/30-diy-fashion-accessories-projects-you-must-have/
7.http://www.delightfullykristi.com/2016/01/27/diy-no-sew-faux-leather-envelope-clutch/
8.https://hk.louisvuitton.com/eng-hk/products/inflatable-monogram-canvas-gilet-nvprod2680022v
9.https://eu.louisvuitton.com/eng-e1/products/inflatable-gilet-nvprod2680021v


Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.