twitter  
Profil  

Sabtu, 02 Januari 2021 | 10:32 wib
Mau Berat Badan Turun? Ayo Minum Air Putih
 

Berdasarkan beragam studi, air putih dapat membantu penurunan berat badan setidaknya lewat lima cara, seperti dilansir Insider, Jumat (1/1). 

Memberi Rasa Lebih Kenyang

Minum air putih sebelum makan dapat membantu seseorang untuk makan lebih sedikit dan dapat menjadi metode yang efektif untuk menurunkan berat badan. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh bentuk air putih yang mudah masuk dan mengisi lambung dengan cepat serta menghilangkan rasa lapar yang muncul karena otak salah mengartikan rasa haus karena dehidrasi sebagai rasa lapar.

Membantu Membakar Lemak

Tubuh secara alami alami membakar lemak dan mengubahnya jadi energi. Dalam proses yang dikenal sebagai lipolisis ini, air memegang peranan penting.Berdasarkan studi pada 2016, peningkatan asupan air putih turut meningkatkan proses lipolisis ini sehingga berdampak pada meningkatnya metabolisme yang diyakini dapat membantu proses penurunan berat badan.

Menstimulasi Metabolisme

Beberapa studi menunjukkan bahwa minum air putih dingin dapat meningkatkan metabolisme. Alasannya, tubuh akan membutuhkan upaya yang lebih besar untuk menghangatkan suhu air putih dingin. Proses yang dikenal sebagai thermogenesis ini akan membuat tubuh membakar lebih banyak kalori.

Bantu Keluarkan "Sampah"

Konsumsi air putih penting dalam proses pembuangan "sampah" di dalam tubuh. Kurang asupan air putih dapat memicu terjadinya sembelit atau konstipasi, serta dapat memunculkan keluhan kembung, tubuh terasa berat, dan bahkan kenaikan berat badan.

Turunkan Asupan Kalori

Mengganti kebiasaan minum soda yang berkalori tinggi dengan minum air putih yang memiliki 0 kalori tentu dapat menurunkan asupan kalori secara signifikan.

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.