twitter  
Profil  

Bekerja Di Luar Negeri Tak Hanya Kompetensi
Siapa yang tak ingin bekerja di luar negeri dengan mendapat gaji tinggi? Buaian fasilitas mewah dan gaji fantastis di luar negeri saat ini makin gencar seiring masuknya MEA. 

Teman SHE, persiapan bekerja di luar negeri tak sekadar membuat dokumen perjalanan dan melengkapi kompetensi. Yang harus didahulukan adalah mengecek kembali validasi lowongan yang dibuka. Menurut Nurul Indah Susanti, Psi, Msi, Sekjen Indonesian Employment Services Association (IEMSA), kesalahan yang sering dilakukan para pencari kerja asal Indonesia adalah minim kroscek. 'Cek apakah lowongan itu terdaftar resmi di Dinas Tenaga Kerja, cek website resmi dari perusahaan itu, dan jangan percaya dengan lowongan kerja yang diminta mengirimkan sejumlah uang,' kata Nurul.

Nurul tak menampik kalau iklan lowongan kerja sering dijadikan modus perdagangan manusia. Karena itu, penting bagi para job seeker mengecek info yang diterima tersebut. 'Termasuk melaporkan keberangkatan Anda ke Dinas Tenaga Kerja dan kedutaan besar negara tujuan. Dengan begitu, negara bisa melindungi hak Anda saat berada di luar negeri,' kata Nurul.

Berikut kutipan Nurul Indah Susanti dalam wawancaranya di SHE and Friends On The Air (11/4).
INSPIRASHELAINNYA