twitter  
Profil  

Anak Bisa Dipidana Terlantarkan Ortu


Pemerintah Kabupaten Purwakarta punya cara unik mengatasi masalah penelantaran orang tua di daerahnya. Dedi Mulyadi, Bupati Purwakarta mengeluarkan kebijakan baru bagi mereka yang bersedia merawat orang tua terlantar. Warga yang akan menjadi perawat ini akan diawasi agar tidak memperlakukan lansia terlantar dengan semena-mena. Dedi menawarkan 'honor' Rp 1,5 juta dan biaya perawatan lansia untuk warga yang berinisiatif menolong lansia terlantar.

Topik mengenai penelantaran orang tua memang sedang hangat di Asia. Belum lama ini di Cina diberlakukan sanksi tegas untuk anak yang menelantarkan orang tua. Diantaranya perusahaan akan mempersulit pelaku mendapat pekerjaan dan kenaikan jabatan.

Di Indonesia, apabila orang tua (ayah dan ibu) tinggal serumah dengan anaknya, maka bila terjadi penelantaran yang berlaku adalah Pasal 49 huruf a UU PKDRT adalah pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun atau denda paling banyak Rp 15 juta. Karena, lingkup rumah tangga yang dimaksud di UU Nomor 23 tahun 2004 tentang PKDRT adalah (a) suami, istri, anak, (b) orang-orang yang mempunyai hubungan keluarga dengan orang yang dimaksud pada huruf a karena hubungan darah, perkawinan, persusuan, pengasuhan, dan perwalian yang menetap dalam rumah tangga, dan/atau (c) orang yang bekerja membantu rumah tangga dan menetap dalam rumah tangga tersebut.

Menurut Feni Listiana, psikolog, menyikapi perubahan sikap orang tua memang dibutuhkan mental memahami lansia. Anak perlu membuka komunikasi dengan orang tua. Terlebih, orang tua telah mengalami penurunan fungsi kognisi dan toleransi yang membuat mereka perlu waktu lama untuk berpikir atau memutuskan sesuatu. Berikut kutipan Feni Listiana dalam wawancaranya di SHE and Friends On The Air (25/4).
INSPIRASHELAINNYA