twitter  
Profil  

Istidraj, Jebakan Nikmat Karena Maksiat

foto : ilustrasi

Siapa yang tak suka bila diberi nikmat bertubi-tubi oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala? Nikmat sehat, nikmat harta, nikmat karir yang terus sukses, tapi kemudian membuat kita lupa beristighfar dan lalai pada hak-hak Allah.

Teman SHE, inilah yang disebut sebagai istidraj. Dari Uqbah bin 'Amir radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

''Apabila kamu melihat Allah memberikan kenikmatan dunia kepada seorang hamba, sementara dia masih bergelimang dengan maksiat, maka itu hakikatnya adalah istidraj dari Allah.'' (HR. Ahmad 4: 145. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan dilihat dari jalur lain).

Sudahkah kita mengevaluasi diri? Jangan-jangan nikmat dan kemudahan yang Allah beri justru karena tindakan maksiat yang kita lakukan. Sehingga kita semakin dekat dengan adzab, dan selanjutnya Allah berikan semua hukumannya. Na'udzubillahimindzalik. Mari kita dengarkan penjelasan lengkap ustadzah Andam Asih dari Lembaga Manajemen Infaq, dalam program Hikmah Puasa bersama SHE Radio.
INSPIRASHELAINNYA