twitter  
Profil  

Nikmatnya Kolak Ayam Untuk Buka Puasa
 
Bila selama ini kita mengenal kolak sebagai hidangan penutup berisi ubi, singkong, dan pisang. Berbeda dengan rasa kolak di Desa Desa Gumeno, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Menu kolak di Desa Gumeno bernama kolak ayam.

Hidangan ini ternyata jadi menu khas Ramadan sejak ratusan tahun lalu. Kolak ayam khas Gumeno menggunakan bahan ayam kampung, jintan, kelapa, daun bawang, gula jawa, dan beras ketan. Khusus untuk ayam, bagian jeroan, kepala, dan kaki ayam tidak dipakai dalam masakan ini.

Ayam dimasak dalam kuali sampai lunak, lalu dagingnya dipisah dalam satu wadah, sementara kaldunya disimpan dalam wadah lain. Daging ayam lalu disuwir, dipisahkan dari tulangnya. Menurut tradisi, untuk setiap ekor ayam, digunakan bumbu dua kilogram gula merah dua kilogram daun bawang, dan satu ons jintan yang disangrai lalu ditumbuk.

Jintan memegang peran penting dalam pengolahan sajian ini, semakin bagus kualitas dan banyak penggunaannya, rasa kolak ayam pun semakin sedap. Baru kemudian bumbu diaduk bersama santan dan gula merah di atas tungku, sambil dicampur dengan suwiran ayam.

Berikut olahan menu kolak ayam dari Chef Hugo. Coba yuk!
INSPIRASHELAINNYA