twitter  
Profil  

Ladang Lima Lejitkan Popularitas Tepung Singkong
 
Nama Ladang Lima sudah banyak dikenal di kalangan konsumen dengan riwayat alergi gluten. Bisnis tepung berbahan singkong segar ini digagas perempuan Surabaya bernama Annisa Pratiwi atau yang akrab disapa Nysa dan suaminya, Raka Bagus.

Pada 2013 saat merintis bisnis ini, Nysa menghadapi pertanyaan yang sering diajukan calon konsumen : Mengapa tepung bebas gluten ini penting? Dengan cekatan Nysa menjelaskan, tepung berbahan singkong segar ini punya lima keunggulan dibanding tepung terigu. Tepung singkong Ladang Lima tidak menggunakan pewarna buatan atau pemutih, tepung singkong merupakan sumber serat yang baik, kaya zat besi dan kalsium, rendah nilai Glycemic Index atau GI yang baik untuk pasien diabetes, dan yang terpenting adalah bebas gluten (gluten free).

Gluten merupakan jenis protein yang biasanya terkandung di dalam gandum hasil persilangan (Triticale), gandum biasa, dan jelai atau barley. Dalam tubuh, makanan yang mengandung gluten akan membutuhkan tiga kali metabolisme untuk dapat diproses menjadi nutrisi. Gluten banyak ditemuka dalam tepung terigu.

''Saat 2013 itu tepung singkong yang kami tawarkan dengan sistem door to door bahkan sampai ke toko kue. Tapi ternyata tepung kami dibuang di tempat sampah,'' kata Nysa saat onair di program Jendela Kreatif (10/7). 

Setelah sempat memasuki masa kelam dalam bisnis selama satu tahun lebih, Ladang Lima bangkit dan kini mempunyai 20 tim, serta 100 lebih reseller hingga Singapura dan Malaysia. Bahkan ada juga kerjasama dengan beragam ritel kenamaan di Surabaya. Nysa terus berinovasi supaya para calon konsumen tertarik dan juga teredukasi dengan tepung singkong terlebih untuk yang selama ini alergi gluten. Beragam varian mulai dari mie, cookies dan ke depannya Ladang Lima ingin berkreasi menjadi pasta. 

Satu yang disarankan Nysa untuk beginner dalam bisnis gluten free, jangan ragu untuk fokus di bisnis ini karena bisnis ini tidak semata komersil tetapi juga bisnis sosial. Selain membantu petani singkong juga membantu orang dengan riwayat alergi untuk dapat nutrisi terbaik. (Deedee Dinata / Editor : Windy Goestiana)
INSPIRASHELAINNYA