twitter  
Profil  

Flowin, Jilbab Sulam Cantik Dari Surabaya
Semakin banyak perempuan Surabaya yang ingin berdaya secara ekonomi. Terbukti, hingga 2018 ada 9.143 Pahlawan Ekonomi yang dilatih dan dinaungi Pemerintah Kota Surabaya. Para Pahlawan Ekonomi ini bukan hanya dibantu promosi dan penjualan, tapi kemasan produk mereka juga dibuat lebih menarik, dan manajemen keuangannya diperbaiki. Sehingga bisnis skala mikro dan menengah yang mereka jalankan punya cashflow yang sehat dan menguntungkan. Tak salah jika program ini akhirnya menyita perhatian Ani dari Flowin Collection.

Awalnya, Ani hanya ikut membantu temannya yang sudah lebih dulu punya usaha sulam. Melalui temannya Ani justru disarankan untuk punya usaha sendiri. Singkat cerita, Ani pun merintis Flowin Sulam spesial hijab sulam. Berkat keikutsertaannya menjadi satu diantara Pahlawan Ekonomi, maka produk Ani juga dibantu merevisi nama produk dan kemasan.
 
Bisnis Ani pun cukup berkembang. Bila di 2017 motif sulam hijab Flowin hanya ada beberapa saja, kini Ani bisa membuat 20an lebih motif jilbab sulam. Ciri khas dari sulaman Ani yaitu motif bunga yang berbentuk seperti camilan molen alias gemuk-gemuk.

Untuk pengerjaan, Ani juga ingin punya tim tapi apa daya orang yang telah dia latih akhirnya tak kembali. Saat ini Ani hanya dibantu satu orang partner yang mengerjakan jasa sulamnya. Sementara untuk pemasaran, Flowin sendiri lebih mudah dikenal secara m2m alias 'mouth to mouth'. Kini Flowin telah goes to digital dengan dibantu pengelolaannya oleh beberapa mahasiswi yang konsentrasi untuk belajar berwirausaha.
 
Ketika ditanya tentang kompetitor bisnis fashion item yang makin gila-gilaan dan cenderung didominasi brand luar negeri, Bu Ani justru tidak takut sama sekali karena menurutnya, sulam punya tempat tersendiri untuk pecintanya dan akan terus ada. Semangat itu juga yang ditularkannya pada ibu-ibu yang baru akan memulai usaha, apapun bentuk usaha itu. Percaya diri, sabar, ikhlas dan terus punya kembangan dari motif-motif jilbabnya adalah kunci Bu Ani semangat bersama Flowin dan juga karena masih banyak yang ingin dia capai walau usia tidak lagi muda. (Deedee Dinata / Editor : Windy Goestiana)
INSPIRASHELAINNYA