twitter  
Profil  

Tantangan Menjadi Ortu Millenal Di Era Tsunami Informasi
Menjadi orang tua dari anak-anak millenial sudah pasti butuh strategi. Ada saja hal-hal baru di kalangan generasi millenial yang sangat fasih menggunakan teknologi. Kata Prof. Dr. Anita Lie, M.A., Ed.D, pakar pendidikan, sesulit apapun tantangan zaman, kunci menjadi orang tua tetap sama : penuhi hak anak untuk mendapat rasa aman, buat anak merasa dicintai, diterima, dan dihargai.

Menunjukkan kasih sayang pada anak juga bukan berarti memanjakan anak dan mengabaikan kesalahannya. Orang tua, menurut Anita, harus tetap objektif dalam mendidik anak. ''Saat anak melakukan kesalahan ya tegur. Kalau kesalahannya serius, berikan hukuman. Yang perlu dijaga adalah, ketika anak melakukan kesalahan, dia tidak merasa cinta orang tuanya berkurang,'' kata Anita.

Kasih sayang dan rasa aman dari orang tua adalah perlindungan utama untuk anak dari buruknya efek tsunami informasi. ''Sekarang ini sedang terjadi tsunami informasi. Ada begitu banyak paparan informasi yang anak-anak masih lemah dalam memilah. Karena itu keluarga harus menjadi tempat yang mendahulukan rasa aman untuk anak-anak. Perilaku konsumerisme, hedonisme, dan radikalisme itu masuk saat anak-anak merasa insecure, tidak aman dengan posisi dirinya,'' kata Anita saat ditemui SHE di kantornya di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Berikut penjelasan lengkap Prof Anita Lie untuk Anda!
INSPIRASHELAINNYA