twitter  
Profil  

Rabu, 30 September 2020 | 10:33 wib
Maquinn Couture Asal Indonesia Melenggang di Milan Fashion Week
 

Maquinn Couture, brand adibusana Indonesia menjadi delegasi tunggal Indonesia dalam Milan Fashion Week (MFW) 2020/2021 di Palazzo Visconti di Modrone, Italy. Mereka menghadirkan busana alkulturasi budaya Indonesia-Eropa bertema Pilgrimage yang terinspirasi dari keberagaman harmoni dalam kehidupan para leluhur di masa lampau, lengkap dengan sentuhan batik yang ditampilkan dalam 10 busana. 

Maquinn Couture menampilkan koleksi yang diilustrasikan dalam gaya modern floral mengadaptasi corak batik yang gemar digunakan masyarakat Indonesia. Sementara unsur modern diambil dari gaya busana khas Eropa. Lewat koleksi Pilgrimage, Maquinn Couture ingin menonjolkan sisi feminin yang dinamis, indah, dan segar, tetapi tetap kuat dan megah. Kain tenun sutra, tinta emas, dan kulit asli dipilih sebagai bahan yang mendominasi koleksi guna menghadirkan kesan tersebut. 

Selain teknik lukis, batik pada koleksi ini diterapkan dengan mengkombinasikan teknik embroidery dan beading yang dipilih untuk  menghadirkan kesan tegas, elegan, dan detail. Desain motif pada koleksi Pilgrimage salah satunya terinspirasi  dari lukisan karya Lucas Cranach the Elder pada tahun 1562 yang dibingkai dengan batik bunga menjalar.  Bagian lain dari koleksi Pilgrimage yang juga menarik perhatian adalah ornamen busana dan aksesoris kepala yang mengadaptasi bentuk ranting. Dari sebuah pohon, ranting bukanlah bagian yang besar namun justru ranting yang mampu menahan beban daun, bunga, bahkan buah. Lalu pada setiap motif batik dalam koleksi ini, emas menjadi warna yang paling banyak digunakan, selaras dengan mimpi designer Maquinn Couture untuk batik Indonesia lewat warna emas. 

“Menyelarasakan dua budaya dari dua benua dengan tetap menjaga keasliannya, tidaklah mudah. Agar tercipta busana yang indah, kekayaan batik Indonesia harus seirama dengan kekuatan fashion Eropa. Karenanya, kami memilih Pilgrimage sebagai tema juga nyawa busana-busana kami,” jelas salah seorang direktur kreatif Maquinn Couture, Janice Pradipta Setyawan. 

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.