twitter  
Profil  

Rabu, 17 Februari 2021 | 10:38 wib
SATU DEKADE SHE RADIO : NEO HIPOP SPRING COLLECTION 2021 (the SWAG STYLE with BATIK)
 

Sejak pertengahan tahun sebelum nya, banyak para designer yang mencoba mencari trend apa yang akan terjadi pada tahun berikut nya. Pada dasar nya trend fashion selalu mengikuti dari trend textile dan trend warna yang sudah dibuat oleh industry textile, dan di publikasikan oleh team atau asosiasi TREND FORECASTING. Perusahaan besar seperti LANZING, LYCRA, COTTON INCORPORATE, dan WOOLMARK. Banyak designer diseluruh dunia mengikuti trend pada warnanya saja, seperti beberapa tahun terakhir PANTONE selalu mengeluarkan seri warna baru yang mengacu pada fashion yang juga berdasarkan trend textilenya. Kali ini PANTONE mengeluarkan trend warna ILLUMINATING YELLOW & ULTIMATE GRAY, yang bermakna pengharapan dan ketenangan.

Masa pandemic yang sudah berjalan setahun ini, membuat gaya hidup manusia berubah menyesuaikan keadaan. Kehidupan yang secara nyata menjadi terkurung tetapi secara maya menjadi sangan luas tak berbatas. Media teknologi dan aplikasi membantu manusia dalam bersosialisasi gaya baru atau NORMAL BARU. Salah satunya adalah TIK TOK yang membuat semua menjadi selebritas, semua menjadi dancer, semua menjadi singer dan semua mengidolakan apa saja. Perubahan ini membuat para designer berkarya dengan cara yang berbeda pula, baik dalam karya nya itu sendiri maupun dalam pencarian ide dan pengaplikasiannya. 

Untuk menarik perhatian FASHIONISTA era NEW NORMAL dalam fashion kali ini Embran Nawawi mencoba membuat pendekatan dengan gaya hidup baru dari generasi muda, music, bahkan cara mereka bergaya. Rap, Hip-Hop, R & B, yang tampil dengan gaya SWAG (style With A bit Gangsta) atau dalam Bahasa keren nya COOL. Semua pencinta fashion mengacu pada gaya hidup SOCIAL MEDIA & APPS yang ada dalam genggamannya. Semua pencinta fashion ingin terlihat keren dan muda dalam gaya berbusanya, yang mengacu pada gaya street styling ala TIK TOK. Seperti sebuah kerinduan mereka selama pandemic ini untuk berlibur, bergaul, dan berkreatifitas seperti sebelum nya. Tetapi apapun yang terjadi saat ini, suka atau tidak suka adalah sebuah kenyataan gaya hidup normal baru, maka keluarlah tema NEO HIPOP!

 

Gaya berbusana dan selera berbusana era covid ini sedikit ada perubahan pada bentuk nya, setidak nya semua mengacu pada KENYAMANAN, KEAMANAN, dan KEAKUAN. Kenyamanan, karena aktifitas kta tidak lagi banyak dilakukan dikerumunan atau di public area atau dengan kata lain banyak dirumah dan tampil secara online, jadi perlu busana yang keren tetapi nyaman. Keamanan, sesuatu yang menjadi syarat baru bahwa busana kita dapat melindungi kita dari COVID 19 dan penyakit lainnya. Keakuan adalah bagaimana kita merasa itulah gaya kita yang memiliki identitas baik dari bentuk, warna, atau hal-hal yang menjadi AKU nya. 

 

 

 

Kali ini Embran menampilkan gaya-gaya JACKET yang mengimplemetasikan dari ketiga hal tersebut yaitu, KENYAMANAN, KEAMANAN, dan KEAKUAN. Dengan memasukan textile modern dan traditional, serta memnggunakan Teknik PATCHWORK atau potongan dan tempelan material hingga menjadi jacket bergaya SWAG. Perpaduan 3 jenis material sebagai implementasi street ART untuk jacket tersebut tanpa meninggalkan BATIK sebagai salah satu materialnya. Batik Pamekasan yang colorful sangat cocok untuk mendampingi trend warna Illuminate Yellow dan Ultimate Gray tersebut. Bahan Velvet dengan warna Kuning dan Abu memberi efek kilau yang stylist untuk mendampingi batiknya. Bahan canvas dengan motif geomatrik berkesan futuristic. Maka tampilah jacket bergaya HIP -HOP + POP ala TIK-TOK di era NEW NORMAL untuk SPRING 2021 NEO HIPOP by Embran Nawawi.

 

 

 

(Naskah & Dokumentasi : Embran Nawawi / Zaldy Ogawa Photography)


Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.