twitter  
Profil  

Sabtu, 10 Juli 2021 | 10:47 wib
Yang Tak Banyak Orang Tahu Tentang Ciuman
 

Walaupun ciuman sering diidentikkan dengan gairah hubungan asmara, tetapi ada banyak ternyata arti ciuman yang sebenarnya bisa diterapkan ke berbagai lingkup kehidupan. Mulai dari ciuman A sampai ciuman Z bahkan juga ada ketakutan berciuman atau philemaphobia. 

Ini dia beberapa fakta seputar ciuman. 

1. Berciuman tidak universal
Fakta ini cukup mengejutkan, tapi para penduduk Pulau Mangaia di Samudra Pasifik tidak pernah berciuman, sementara orang-orang di Sudan percaya bahwa berciuman akan membuat mereka kehilangan jiwa. 

2. Ciuman dimulai sejak dari rahim
Para ilmuwan percaya bahwa naluri untuk bersandar ke kanan saat berciuman berasal dari kemiringan alami kepala ke kanan di dalam rahim. Ini bukti bahwa berciuman adalah fenomena yang cukup alami.

3. Sering ciuman buat gigi sehat
Faktanya, aliran air liur saat berciuman membantu membersihkan rongga gigi dan melindungi email gigi. Atau begitulah kata sebuah studi di jurnal Applied and Environmental Biology. 

4. Ciuman membuat bahagia
Setiap kali kita berciuman, maka akan menghasilkan zat yang 200 kali lebih kuat dari morfin. Tentu saja jika ciuman dilakukan dengan sukarela dan dengan orang yang disukai.

5. Ciuman sama dengan latihan wajah
Sekitar 146 otot berkeringat dengan gembira setiap kali kita berciuman! Sebuah tim peneliti Inggris dari Institut Rayne di University College, London, sampai pada angka ajaib ini (112 otot postural, 34 otot wajah) setelah mempelajari pasangan yang berciuman.

6. Pupil melebar
Saat berciuman, pupil mata akan membesar. Itulah mengapa kebanyakan orang menutup mata ketika mereka berciuman.

7. Memori untuk dibawa hingga mati
Kita semua ingat ciuman pertama kita. Ini mungkin bukan yang terbesar, tetapi kita akan mengingatnya dengan jelas. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh John Bohannon dari Butler University, 500 orang mengingat ciuman pertama mereka secara lebih rinci dibandingkan dengan pengalaman hidup penting lainnya. 

8. Larangan di Prancis
Dikenal sebagai The City of Love, tentunya masyarakat Prancis sudah tidak asing dengan aktivitas ciuman. Namun, pada awal abad ke-20, begitu banyak penumpang commuter yang melakukan French kiss di kereta sehingga larangan berciuman sama sekali di kereta pun diterbitkan.

9. Menilai hubungan
Wanita cenderung menilai ciuman lebih penting dalam hubungan daripada pria. Mereka menggunakan ciuman untuk menilai calon pasangan. Di sisi lain, pria menggunakannya untuk meningkatkan kemungkinan seks.

10. Berapa kali ciuman untuk menemukan cinta sejati
Sebuah penelitian di Inggris menetapkan bahwa dibutuhkan 15 ciuman untuk wanita dan 16 untuk pria untuk menemukan cinta sejati mereka. 


Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.