twitter  
Profil  

Sabtu, 24 April 2021 | 12:38 wib
Cara Mengelola Uang ala Ibu-Ibu di Jepang dengan Konsep Kakeibo
 

Salah satu cara mengelola keuangan yang bisa kita coba adalah metode Kakeibo yang banyak diterapkan oleh para ibu rumah tangga di Jepang. Kakeibo bisa diartikan sebagai buku rekening untuk ekonomi rumah tangga. Dalam Kakeibo, ada sejumlah hal yang perlu dicatat secara rutin atau tidak menunda, perlu berkomitmen dan telaten yakni penerimaan, perkiraan kebutuhan, pengeluaran dan jumlahnya dalam catatan harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Catatlah hal-hal tersebut secara rapi sehingga bisa kita baca kembali dan apabila tiba saat akhir bulan, lakukan evaluasi keuangan. 

Untuk penghasilan, yang harus dicatat secara rutin adalah kapan dan dari mana sumbernya, misalnya gaji bulanan, uang bulanan dari suami, termasuk jika ada usaha sampingan. Bila ada piutang yang diterima, catatlah. Pun apabila Anda berasuransi dan mendapatkan nilai tunai atau manfaat atau tahapan juga dicatat sebagai penerimaan.

Selanjutnya, catat perkiraan jumlah kebutuhan. Agar mudah mengingat pengeluaran, bagilah ke dalam beberapa pos. Misalnya, pengeluaran primer yang sudah pasti, pengeluaran sekunder dan pengeluaran darurat.

Kemudian, pengeluaran rutin setiap hari perlu juga dibuat pos. Untuk memudahkan, dapat memanfaatkan amplop sebagai tempat dana atau uang bagi masing-masing pos pengeluaran. 

Setelah merencanakan pengeluaran, catat juga pengeluaran yang terjadi, bisa juga kita tambahkan informasi kapan dan di mana melakukan suatu transaksi sehingga bisa membandingkan harganya dengan pembelian barang yang sama sebelumnya. 

Kemudian lakukan evaluasi, yaitu dari amplop yang dimiliki, perhatikan apakah ada yang tersisa. Teliti pos mana saja yang berhasil dihemat, pos mana yang banyak menghabiskan anggaran. 

Dengan mengetahui hal tersebut, kita bisa menyesuaikan budgeting lebih baik di bulan berikutnya. Bila seiring berjalannya waktu berhasil menekan pengeluaran dan menghemat lebih banyak uang, berarti telah berhasil mengimplementasikan Kakeibo.

Metode ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1904 oleh seorang jurnalis Makoto Hani dan dipopulerkan kembali pada tahun 2017 oleh Fumiko Chiba dalam buku "Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money".

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.