twitter  
Profil  

Kamis, 29 April 2021 | 11:24 wib
Taji Aktris Berusia 50 Tahun Ke Atas Pada Oscar 2021
 

Secara historis, Hollywood kurang bersikap baik kepada wanita yang berusia di atas 40 tahun. Cerita mereka tampaknya berakhir ketika menikah dan memiliki anak-anak, menjadikan sisa hidup mereka sebagai jurang yang tidak menarik dan tidak layak untuk dijelajahi. Mengapa bioskop tidak pernah berbicara positif tentang perempuan yang memutuskan untuk tidak memiliki anak, bagaimana dengan narasi serta jalan mereka dalam menuju kebahagiaan? Mengapa film-film jarang mengedukasi tentang kisah-kisah transformasi, seperti wanita yang mengubah karier di usia lima puluhan karena telah cukup mengenal dirinya sendiri sehingga meninggalkan apa yang dilakukan sebelumnya? Atau wanita berkualifikasi tinggi yang mengambil jeda karier untuk membesarkan anak-anak dan berjuang untuk kembali memasuki tempat kerja yang didirikan untuk mempermudah pria berkulit putih? 

Namun, Oscar tahun ini membuktikan kebalikannya, ketika Frances McDormand yang berusia 63 tahun memenangkan kategori Aktris Terbaik untuk penampilannya di Nomadland. Begitu pula dengan Youn Yuh-Jung, berusia 73 tahun, yang meraih kemenangan pada kategori Aktris Pendukung Terbaik untuk Minari. Selain itu, Colette Marin-Catherine, berusia 90 tahun, menjadi fokus dari penghargaan Dokumenter Pendek Terbaik tahun ini. Tawa terbesar pada malam itu dihadirkan oleh Glenn Close, berusia 74 tahun, yang memeriahkan Oscar dengan tarian twerk yang didampingi lagi Da Butt (1988).

 

 

Malam bersejarah yang baru saja dilangsungkan itu menandai ketiga kalinya Frances McDormand meraup kategori Aktris Terbaik. Sebelumnya, dia mendapatkannya berkat film Fargo pada tahun 1997 dan Three Billboards Outside Ebbing, Missouri pada 2018.

 

Oscar  2021 pun menawarkan pertanda positif, mari berharap bahwa momen tersebut dapat berlanjut dan semakin diakui, momen revolusioner untuk aktris di atas 50 tahun. 

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.